Meski Susut, Selama April Astra Cengkeram 76% Pasar LCGC

Meski Susut, Selama April Astra Cengkeram 76% Pasar LCGC
LCGC Toyota Agya di IIMS 2019 - dok.Motoris

Jakarta, Motoris – Penjualan Kendaraan Bermotor Roda Empat Hemat Bahan Bakar dan Harga Terjangkau (KBH2) atau LCGC sepanjang April lalu sebanyak 14.665 unit. Dari jumlah ini LCGC besutan Astra – baik yang berlabel Toyota maupun Daihatsu – berhasil menggenggam 76% pangsa pasar.

Data yang dilansir Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) dan diperoleh Motoris, Jumat (17/5/2019) lalu menunjukan, di bulan keempat iu mobil murah ramah lingkungan Astra itu terjual 14.665 unit. Jumlah ini menciut unit dibanding bulan April tahun 2018 lalu yang sebanyak 16.909 unit, atau susut 2.244 unit.

Model LCGC Astra ini terdiri dari Astra Toyota Agya, Astra Toyota Calya, Astra Daihatsu Ayla, serta Astra Daihatsu Sigra. “Penjualan LCGC sampai April masih tertekan dan mencatatkan penurunan. Kalau di tahun 2018 lalu kan faktor penyebabnya karena NPL (non performing loan atau kredit macet) yang naik sehingga leasing selektif, nah sekarang kejepit lagi. Atau istilahnya sandwich,” tutur Executive General Manager PT Toyota Astra Motor (TAM) Fransiscus Soerjopranoto, saat ditemui di sela acara buka puasa bersama, di Jakarta, belum lama ini.

LCGC 7 kursi penumpang Toyota Caya di IIMS 2019 – dok.Motoris

Pembeli potensial LCGC yang merupakan segmen transisi dari sepeda motor ke mobil, kini disuguhi pilihan low MPV yang berbanderol murah dan nyaris sama dengan LCGC, serta motor model-model baru yang tampilannya juga menggiurkan. Sehingga, mereka yang daya belinya masih berdekatan dengan sepeda motor lebih memilih kendaraan bermotor roda dua.

“Dan yang sudah mendekati low MPV, memilih low MPV dengan harga yang nyaris mendekati LCGC itu,. Tahun ini LCGC masih dalam tren penrunan, ya sekitar 5-7%,” kata Soerjo.

Ilustrasi, Daihatsu Sigra sepanjang januari-Fenruari 2019 menjadi mobil terlaris Diahtsu menggeser Xenia dok.Motoris

Sementara itu, secara total penjualan LCGC – baik dari grup Astra maupun non grup Astra – di bulan April itu tercatat sebanyak 19.406 unit. Jumlah ini berkurang 2.825 uit dibanding April tahun lalu yang masih sebanyak 22.231 unit. (Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS