Honda Klaim Sudah Jual 1,7 Juta Motor, Terbanyak BeAT

Honda Klaim Sudah Jual 1,7 Juta Motor, Terbanyak BeAT
Proses produksi Honda BeAT di pabrik miik PT Astra Honda Motor - dok.Istimewa

Jakarta, Motoris – PT Astra Honda Motor (AHM) mengklaim sepanjang januari-April lalu telah berhasil menjual (wholesales) sepeda motor sebanyak 1,7 juta unit. Dari jumlah tersebut, 90% merupakan varian skuter matik (skutik) dan dari varian matik yang paling laris adalah Honda BeAT.

“Pasar, atau penjualan kami sepanjang Januari sampai April lalu, tumbuh sekitar 13% dibanding tahun lalu. Dengan total 1,7 juta something. Tahun lalu sekitar 1,5 juta unit,” papar Direktur Pemasaran PT AHM, Thomas Wijaya, di sela buka puasa bersama, Senin (20/5/2019).

Dia menyebut, dari total penjualan skutik, BeAT series menyumbang 40%. Sementara varian motor bebek di retang waktu empat bulan itu menyumbang penjualan sebesar 6%, dan sisanya varian motor sport.

New Honda BeAT Street eSP – dok.AHM

Menyinggung momen lebaran, Thomas mengatakan permintaan di hari raya itu memiliki pengaruh yang lumayan signifikan. Dari pengalaman di tahun-tahun sebelumnya, momen lebaran ada peningkatan permintaan sebesar 10-20%.

Sedangkan, untuk prospek pasar, diperkirakan hingga akhir tahun penjualan masih sama dengan tahun lalu untuk seluruh merek yakni 6,2-6,3 juta unit. Begitu pun dengan Honda yang diperkirakan mencapai 4,5-4,7 juta unit.

Thomas juga mengakui, hingga saat ini masih banyak model yang harus inden atau menunggu khususnya untuk model dengan warna-warna tertentu dan model yang diimpor.

Ilustrasi, salah satu skutik premum yang ditawarkan oleh PT AHM, dan menjadi motor yang dibiayai oleh FIF- dok.Motoris

“Untuk model impor itu seperti Forza, Super Cub, dan CB 650 R rata-rata masih inden, masa indennya satu bulan. Untuk penjualan, Forza sampai awal Mei lalu ada pesanan 430 unit dan pengirimannya mungkin di kuartal ketiga aau setelah lebaran,” kata Thomas. (Ara)

 

CATEGORIES
TAGS
Share This