Genjot Jualan di ASEAN, Yamaha Pacu Produksi di Filipina

Genjot Jualan di ASEAN, Yamaha Pacu Produksi di Filipina
Ilustrasi, proses produksi sepeda motor Yamaha di Filipina - dok.Motorcycle Philippines

Jakarta, Motoris – Yamaha Motors Company di Filipina tahun ini meningkatkan produksi hingga dua kali lipat – yakni dari 400.000 unit tahun lalu menjadi 800.000 unit pada tahun ini – di Filipina. Langkah ini merupakan bagian dari strategi pabrikan berlambang garputala itu untuk menjadi pemain kunci di kawasan regional Asia Tenggara (ASEAN).

Siaran pers Yamaha yang dilansir laman Japan Times dan Marketlink, Jumat (24/5/2019) Yamaha menegaskan, seiring dengan bertambahnya produksi, Yamaha dalam target jangka menengah mamtok penjualan sebanyak 1 juta unit di Filipina. Maklum, tren penjualan di negara itu berada dalam tren positif saban tahunnya.

Kini Yamaha tengah meningkatkan kapasitas pabriknya yang berada di provinsi Batangas. Pabrik baru yang dibangun di area itu dijadwalkan beroperasi mulai Juli nanti.

Data Asosiasi Industri Otomotif Filipina menyebut, tahun 2018 lalu penjualan kendaraan bermotor roda dua di negara itu mencapai 2,26 juta unit atau naik 14% dibanding tahun sebelemnya. “Permintaan dipredksi akan terus naik sejalan dengan bertambahnya populasi dan membaiknya perekonomian,” bunyi pernyataan asosiasi itu.

Ilustrasi, Yamaha R25 – dok.Istimewa

Yamaha Motor mulai menggarap pasar otomotif Filipina pada tahun 1962. Sejak saat itu penjualannya mulai merangkak naik, kendati tak secepat Honda.  Pada tahun 2007, perusahaan mendirikan anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki Yamaha Motor Philippines, Inc.

Volume penjualan telah meningkat menjadi sekitar 540.000 pada tahun 2018. Jumlah ini melesat jika dibanding penjualan tahun 2008 yang masih sebanyak 70.000 unit. (Ara)

 

CATEGORIES
TAGS
Share This