Toyota-Daihatsu Bikin MPV Hybrid di RI Pada 2022

Toyota-Daihatsu Bikin MPV Hybrid di RI Pada 2022
Ilustrasi, logo Toyota - dok.Automotive News

Jakarta, Motoris – Menyongsong era kendaraan terelektrifikasi (berteknologi sumber tenaga dari arus listrik termasuk teknologi hybrid) Kementerian Perindustrian melakukan sosialisasi soal era tersebut ke industri otomotif Jepang yang beroperasi di Indonesia. Hasilnya, dua pabrikan – Toyota dan Daihatsu – berkomitmen untuk memproduksi MPV Hybrid di Tanah Air pada tahun 2022 nanti.

Seperti diungkapkan Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto, dalam keterangan resmi Kamis (30/5/2019), tahun 2022 itu disepakati, karena proses penyiapan produksi membutuhkan waktu. Maklum, pemerintah memberi masa transisi selama itu.

“Maka dari itu, kami berharap, pelaku industri otomotif yang ada di Jepang bisa mulai merealisasikannya di tahun 2021 atau 2022,” tutur Airlangga.

Toyota Avanza saat diajak melibas genangan air di Toyota Driving Experience – dok.PT TAM

Dia mengisyaratkan, model yang kemungkinan besar diproduksi selain MPV adalah SUV. Maklum, kedua model tersebut merupakan dua jenis mobil yang selama ini paling diminati konsumen Indonesia.

Penilaian seperti itu diamini Deputy CEO Toyota Corp. Susumu Matsuda. Lantaran itulah, kata dia, Toyota dan Daihatsu tengah menyiapkan proses produksinya. “Kami sedang mempersiapkan proses produksinya,” kata dia.

Kolaborasi antara Toyota dengan Daihatsu dalam memproduksi sekaligus memasarkan mobil kembar terjadi sejak tahun 2004 lalu hingga kini. Itu terjadi sejak munculnya low MPV, Avanza dan Xenia. (Ara)

 

CATEGORIES
TAGS
Share This