Berkah Lebaran, Penjualan Motor Diprediksi Naik 10-20%

Berkah Lebaran, Penjualan Motor Diprediksi Naik 10-20%
Salah satu motor gede atau moge Honda - dok.Motoris

Jakarta, Motoris – Momen lebaran masih identik dengan saatnya membeli sepeda motor baru, tak terkecuali di tahun ini. Sebulan menjelang lebaran – atau di sepanjang Mei – penjualan sepeda motor diprkirakan naik 10-20% dibanding bulan sebelumnya.

“Momen lebaran memberi dampak positif terhadap penjualan sepeda motor. Diperkirakan di bulan Mei ini, penjualan naik 10-20% dibanding bulan sebelunya. Kebutuhan untuk lebaran, menjadi pendorong pembelian,” papar Ketua Bidang Komersial Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) Sigit Kumala, saat dihubungi awal pekan ini.

Selain kebutuhan, faktor lain yang turut memicu permintaan adalah cairnya Tunjangan Hari Raya (THR) kepada karyawan swasta dan Aparat Sipil Negara (ASN). Selain itu, kata Sigit, diler yang menawarkan sejumlah program program seperti uang muka atau angsuran ringan juga turut menopang penjualan.

Perkiraan naiknya penjualan di sepanjang Mei sebelumnya juga diungkapkan kalangan Agen Pemegang Mereka (APM) sepeda motor. Direktur Pemasaran PT Astra Honda Motor (AHM), Thomas Wijaya, misalnya menyebut permintaan motor Honda diperkirakan meningkat 10-20%.

Ilustrasi,varian lain Suzuki, Suzuki GSX-R150 ABS yang telah dipasarkan hingga saat ini – dok.Motoris

“Kontribusi momen lebaran terhadap penjualan cukup signifikan. Umumnya 10-20%, dan kami perkirakan tahun ini kenaikan juga sebesar itu,” kata Thomas di sela Buka Puasa Berama di Jakarta, beberapa waktu lalu.

AHM masih tercatat sebagai merek terlaris di antara merek-merek yang meniagakan kendaraan bermotor roda dua di Tanah Air. Di rentang waktu Januari-April kemarin, kata Thomas, AHM berhasil membukukan penjualan sebanyak 1,7 juta unit atau naik 13% lebih dibanding periode sama tahun lalu.

Sedangkan Head Sales and Promotion PT Kawasaki Motor Indonesia, Michael C.Tanadhi memperkirakan kenaikan penjualan menjelang lebaran yang dicatatkan pihaknya bisa encapai 10-15%.

“Apalagi, kita juga ikut event Pekan Raya Jakarta(PRJ) ini ya. Kenaikan bisa segitu,” ujarnya saat ditemui di booth Kawasaki PRJ, di JiExpo, Kemayoran, Jakarta, belum lama ini. (Mul/Fer/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This