Data Tak Sesuai Fakta, Suzuki “Recall” 2 Juta Mobil

Data Tak Sesuai Fakta, Suzuki “Recall” 2 Juta Mobil
Ilustrasi, Suzuki New SX4 S-Cross di IIMS 2018 Surabaya - dok.PT SIS

Tokyo, Motoris – Suzuki Motors Corporation di Jepang menarik kembali atau recall terhadap 2 juta unit mobil produksinya di Jepang. Pasalnya, data-data tentang mobil yang dibuat itu ternyata tak sesuai dengan fakta yang sebenarnya.

Seperti dilaporkan laman Autoindustriya, Sabtu (1/6/2019), manajemen Suzuki mengakui ada ketidaksesuaian antara data yang disodorkan tentang mobil-moil itu dengan fakta yang ada. Baik itu soal emisi gas buang, tentang fitur keselamatan, hingga data pemeriksa akhir tentang kualitas produk.

Terungkapnya kasus ini bermula dari hasil tes internal perusahaan terhadap perangkat sistem pengereman dan tes efisiensi konsumsi bahan bakar. Ternyata, semua  itu, tak sesuai dengan fakta yang sebenarnya.

Ilustrasi, Suzuki Wagon R Stingray- dok.Istimewa

Dan yang membuat kalangan manajemen puncak terheran adalah, proses pengecekan akhir terhadap kualitas dilakukan oleh karwayan yang tengah belajar soal kontrol kualitas. Itulah yang membuat bos Suzuki Motors berang.

“Kami menfakui ada pengerjaan yang tidak sesuai dengan standar keselamatan kendaraan di Jepang,” ujar Presiden Suzuki Motors Corporation, Toshihiro Suzuki.

Tak hanya menarik produk, perusahaan juga memberi sanksi kepada para pejabat yang bertanggungjawab Gaji mereka akan dipotong selama 6-12 bulan. Sedangkan para direktur dan direktur pelaksana  diminta lengser dari jabatannya. (Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This