Ford “Recall” Fiesta dan Ranger di Indonesia

Ford “Recall” Fiesta dan Ranger di Indonesia
Ford Fiesta Tahun 2014 - dok.Drive

Jakarta, Motoris – Ford Motors Company (Ford) melalui mitra servisnya di Indonesia PT Mitra Bisnis (milik RMA Indonesia) mengumumkan kampanye servis nasional (recall) terhadap hatchback Ford Fiesta dan double cabin Ranger. Model-model tertentu dari dua varian tersebut ditengarai mengalami masalah pada lutch atau pengait pintunya.

Permasalahan yang terjadi pada dua varian itu diketahui dari pernyataan Ford yang dilansir laman Cars, belum lama ini. Dikatakan, Ford Fiesta model 2012 – 2014 terindikasi mengalami masalah tersebut. Begitu pula dengan Ford Ranger.

Menurut Sales and Marketing Senior Manager RMA Indonesia, Yanto Mardianto, kampanye ini bukanlah recall atau penarikan produk, melainkan kampanye perbaikan  biasa. Alasannya, permasalahan itu tidak terjadi secara massif, tetapi hanya di mobil tertentu pada model tahun produksi tertentu dan jumlahnya terbatas.

“Ini hanya terjadi pada kendaraan dengan nomor VIN (Vehicle Identification Number) tertentu, sehingga ini lebih pada field service action,” kata Yanto saat dihubungi, Senin (3/6/2019).

Ilustrasi, Ford Rangers Tahun 2010 – dok.Racem.org

Langkah ini, kata Yanto, merupakan wujud tanggung jawab Ford terhadap kebutuhan dan kepentingan konsumennya di Indonesia. Meski sudah tiga tahun tidak beroperasi di Tanah Air, namun Ford masih peduli terhadap layanan purna jual bagi pemilik mobil.

Dia mengatakan, para pemilik kendaraan bisa melihat lokasi perbaikan di situs resmi RMA-Ford Indonesia. Perbaikan tidak akan dikenai biaya apapun.

Ford secara resmi undur diri dari pasar otomotif Indonesia sejak Januari 2016 lalu. Namun, untuk layanan purna jual dari kendaraan Ford di Indonesia – dengan berbagai varian dan tipe yang diperkirakan mencapai 120 ribu unit – dilakukan oleh RMA Group. (Fan/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This