Demi Nissan, Prancis Rela Pangkas Saham di Renault

Demi Nissan, Prancis Rela Pangkas Saham di Renault
Ilustrasi, mobil baru Renault - dok.Istimewa

Paris, Motoris – Pemerintah Prancis mengaku tak keberatan untuk mengurangi kepemilikan sahamnya di Renault jika keputusan tersebut berdampak baik terhadap soliditas kerjasama antara Renault dengan Nissan Motor Company. Pemerintah juga memenegaskan, akan dengan tulus ikhlas menyokong kerjasama antara dua perusahaan tersebut demi menjaga kepentingan industri dalam negeri.

Seperti dilaporkan AFP dan Reuters, Minggu (9/6/2019), lagsung diungkapkan Menteri Keuangan Prancis, Bruno Le Maire, Sabtu (8/6/2019) di Paris. “Kami bisa saja mengurangi saham di Renault. Ini tidak masalah, asalkan kami nantinya mepunyai sektor otomotif yang kuat dengan aliansi yang lebih erat antara Renault dan Nissan,” papar dia.

Saat ini, porsi saham pemerintah Prancis di Nissan mencapai 15%. Dengan kepemilikan saham sebanyak itu, pemerintah negeri ini memiliki hak suara yang cukup besar, termasuk dalam keikutsertaan penentuan arah dan kebijakan perusahaan.

Le Maire menyebut, sebagai pemegang saham, pemerintah sangat terbuka terhadap langkah Renault yang ingin menjalin kerjasama dengan pihak manapun sepanjang masih sejalan dengan kepentingan industri Prancis. Hanya, pemerintah Prancis diketahui menjadi pihak dibelakang batalnya kongsi antara Renault dengan Chrysler.

Bruno Le Maire (kanan) – dok.Nikkei Asia Review

Jalinan kerjasama senilai US$35 miliar itu batal, meski telah dilakukan pembahasan serius sejak beberapa waktu lalu. Sejumlah pejabat tinggi Fiat menuding gagalnya kesepakatan tersebut karena faktor politik, yakni intervensi pemerintah Prancis.

Sedangkan secara tersirat, Menteri Le Maire tak menampik hal itu. Dia menyebut, langkah meninjau kembali langkah kerjasama dengan Fiat tersebut demi menghormati mitra kerjasama Renault, yakni Nissan. Sedan gkan Nissan dalam rapat dewan direksi aliansi (Renault-Nissan-pemerintah Prancis) menyatakan abstain dalam pemungutan suara soal rencana merger Renault-Fiat itu. (Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This