Gasak KTM, Honda Segera Produksi CB125M dan CB125X

Gasak KTM, Honda Segera Produksi CB125M dan CB125X
Konsep CB125 dan CB125X - dok.Honda

Roma, Motoris – Honda Motors disebut bakal memproduksi dua motor konsep – Honda CB125M dan Honda CB125X – yang sempat diperkenalkan ke dunia melalui hajatan EICMA 2018 lalu. Indikasi tersebut terlihat dari pengajuan hak paten oleh Honda ke kantor hak paten Eropa.

Selain itu, seperti dilaporkan laman Motorcyclist dan Motormagz.es, belum lama ini, Honda juga ngebut untuk menghadang para pesaing di Eropa yang kini gencar menggarap segmen motor turing dan adventure bermsin 125 cc. Maklum, segmen tersebut merupakan pasar yang tengah berkembang di Eropa.

Namun, segmen yang merupakan pasar pemula itu, juga tak menutup kemungkinan juga meryeruak di wilayah lainnya di dunia. Salah satu pemain yang agresif menggarap pasar ini adalah, KTM. Pabrikan asal Austria – yang sahamnya kini dimiliki Bajaj Auto, India – itu menyodorkan KTM Duke 125 dan KTM RC 125.

Konsep Honda CB125M – dok.Istimewa

CB125M berwujud Supermoto. Sedangkan CB125X merupakan motor adventure. Menariknya, keduanya memiliki kemiripan dalam hal gaya desain maupun eleen-elemen kit yang digunakan.

CB125M dibekali perangkat suspensi untuk perjalanan jarak jauh. Selain itu menggunakan ban yang dibalut ban bias, setang lebar dengan pelindung jari, bodywork minimalis yang ramping, serta bagian ekor yang tajam dan pendek.

Sedangkan konsep CB125X sebagian gaya desainnya meminjam dari “seniornya” yakni Honda Africa Twin. Bagian depan misalnya, dihias fairing ramping dengan lampu utama LED, serta tameng angin dari kaca. Selain bitu, Honda memasang lampu DRL di bagian fairing tersebut.

Konsep Honda CB125X – dok.Chaparral Motorsports

Menariknya, ada jok untuk pembonceng. Roda depan diperkirakan menggunakan pelek berukuran 19 inci dan belakang 17 inci. Pelek tersebut dibalut ban all terrain.

Kendati belum ada pengumuman resmi dari Honda Motors, namun peluncuran keduanya diperkirakan terjadi pada awal tahun 2020 nanti. (Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This