Hadang Tesla, Target Toyota Jual 5 Juta Mobil Listrik

Hadang Tesla, Target Toyota Jual 5 Juta Mobil Listrik
Sketsa mobil listrik Toyota yang dikembangkan bersama Subaru - dok.Istimewa

Tokyo, Motoris – Toyota Motor Corporation (Toyota) tak ingin kalah dengan pabrikan mobil listrik yang tegah naik daun – Tesla Inc – di pasar kendaraan bersumber tenaga dari setrum. Raksasa otomotif dunia itu, bersiap menggeber produksi dan penjualan mobil listrik (baikhybrid, berbasis baterai maupun fuel cell, dan berbahan bakar hidrogen).

Seperti dilaporkan Reuters dan Cleantechno, Jumat (7/6/2019), jika Tesla mematok target penjualan sebanyak 1 juta unit mobil listrik mulai tahun 2021 nanti, Toyota lebih dari itu. Pabrikan yang dinahkodai Akio Toyoda ini telah menetapkan rencana, menjual 1 juta unit mobil jenis itu mulai tahun 2020 mendatang.

Artinya, hingga tahun 2025, pabrikan sudah melego minimal 5 juta unit. Langkah-langkah strategis pun mulai direalisasikan.

Pada tahun 2020 nanti, Toyota sudah mulai menjual mobil listrik besutannya di Cina, yakni Toyota C-HR listrik. Maklum, negeri dengan penduduk terbanyak di dunia ini, merupakan pasar terbesar kendaraan listrik di dunia.

Ilustrasi, Toyota C-HR listrik yang dijual di Cina – dok.Carscoops

“Target penjualan mobil listrik (hybrid hingga berbagan bakar hidrogen) ini jauh lebih banyak dari harapan kami,” papar Executive Vice Presiden & Ressearch and Develpoment Toyota, Shigeki Terashi.

Tak hanya rencana. Toyota sudah mulai merealisisikan sejumlah proyek terkait ambisi untuk merajai pasar mobil listrik itu. Pabrikan bahkan telah merilis serangkaian gambar sejumlah model. Setiap model dilengkapi dengan wheelbase yang panjang, kamera di pintu belakang, serta bahasa desain khusus EV.

Pabrikan juga mengembangkan arsitektur khusus mobil listrik yang mengacu pada Toyota New Global Architecture (TNGA). Arsitektur ini pertama kali digunakan pada Prius keluaran 2015 lalu.

Platform e-TNGA tersebut bakal digunakan sebagai basis SUV kompak yang dikembangkan bersama dengan Suzuki serta SUV menengah melalui kolaborasi dengan Subaru. Toyota juga berencana mengembangkan crossover listrik lain, serta sedan, SUV besar hingga minivan. (Ara)

 

CATEGORIES
TAGS
Share This