Yamaha EC-05 Hadir, Bisa Bikin Gesits Kelabakan

Yamaha EC-05 Hadir, Bisa Bikin Gesits Kelabakan
Skuter listrik Yamaha EC-05 yang baterainya dipasok pabrikan Taiwan, Gogoro - dok.Electrek

Taipei, Motoris – Yamaha Motor Company (Yamaha) semakin agresif enggarap ceruk pasar sepeda motor listrik. Kabar paling anyar menyebut, pabrikan berlambang garputala ini semakin aktif menggelontorkan skuter listrik di Taiwan, yang memiliki pasar sepeda motor listrik cukup menggiurkan.

Seperti dilaporkan laman Electrek dan Technews, Senin (10/6/2019), skuter listrik terbaru Yamaha itu dinamai EC-05. Pabrikan berkolaborasi dengan produsen motor lokal, Gogoro, untuk memasok baterai skuter tersebut.

“Skuter ini menampilkan desain Yamah. Sedangkan bagian dalamnya hampir semuanya bikinan Gogoro. Dengan demikian, skuter ini (EC-05) memiliki spesifikasi kinerja yang mirip dengan skuter listrik Seri Gogoro 2,” tulis media lokal Technews.

Tampilan depan skuter listrik Yamaha EC-05 – dok.Electrek

Memang, Yamaha belum menginformasikan secara resmi ihwal spesifikasi dari EC-05 itu, karena baru diproduksi secara massal pada Agustus nanti. Namun, beberapa sumber di Gogoro maupun Yamaha Taiwan menyebut, skutik listrik anyar itu mampu melaju hingga 85-95 kilometer per jam (kpj).

“Jika baterai terisi penuh, maka mampu menempuh jarak hingga 100 kilometer tanpa henti. Skuter ini mendapatkan dua paket baterai Gogoro,” sebut seorang sumber di Yamaha Taiwan.

Salah satu pertimbangan menggandeng Gogoro, selain untuk mebekan harga jual adalah, faktor kepraktisan. Maklum, baterai Gogoro dikemas dalam dua batangan yang bisa diganti dengan cepat. Cukup dengan mengambil baterai yang drop dengan mudah, dan menggantinya dengan baterai baru yang terisi penuh.

Ilustrasi, teaser Yamaha EC-05 – dok.Electrek

Proses pengecasan baterai juga cukup mudah. Cukup dengan colokan listrik rumah atau di stasiun pengisian daya listrik umum.

Hanya, hingga kini Yamaha belum menyebut soal harga. Begitu pun dengan soal kemungkinan motor itu dipasarkan di luar Taiwan. Jika dipasarkan secara global, terutama ke Indonesia, bisa menjadi anmacam bagi skuter listrik lokal  Gesits. (Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS