Dipesan Ribuan, Jatah Jimny ke RI Tak Sampai 100 Unit/Bulan

Dipesan Ribuan, Jatah Jimny ke RI Tak Sampai 100 Unit/Bulan
Suzuki Jimny terbaru sedang diangkut truk gendong di jalan tol Jakarta-Cikampek menuju Bekasi - dok.Motoris

Jakarta, Motoris – Meski hingga kini tak menyebutkan jadwal resminya, namun PT Suzuki Indomobil Sales (PT SIS) memastikan, peluncuran Suzuki Jimny anyar segera dilakukan. Agen Pemegang Merek (APM) Suzuki di Indonesia ini juga memastikan, proses distribusi unit ke diler mulai September nanti.

Dengan pengiriman ke diler di bulan itu, bisa diperkirakan proses peluncuran akan dilakukan pada Julia atau di hajatan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 yang berlangsung 18-28 Juli nanti.

“Segera. Yang pasti segera. Ditunggu saja. Sebab, sampai saat ini yang inden sudah mengantre panjang (ribuan),” tutur 4W Sales Director PT SIS, Makmur, saat dihubungi, Jumat (14/6/2019).

Antrean yang panjang ini, lanjut Makmur, tak lepas dari jatah atau kuota yang diberikan oleh Suzuki Motors Coprporation. Pabrikan yang berkantor pusat di Hamamatsu, Shizuoka, Jepang, itu hanya memberi jatah kurang dari 100 unit untuk Suzuki Indonesia, saban bulannya.

Antusiasme masyarakat terhadap All New Jimny sangat tinggi, terbukti saban SUV ini dipamerkan, menjadi topik perbincangan hangat. Termasuk pengunjung di IIMS 2019 kali ini – dok.Motoris

“Mobil ini kita impor secara utuh (CBU) dari Jepang. Sedangkan, Suzuki di sana kan juga mengatur alokasi ke berbagai negara. Karena memang permintaannya sangat tinggi dari negara-negara lain. Ya, musti bersabar,” kata dia.

Hanya, soal harga, Makmur tak bersedia menebutya. Dia berdalih, informasi soal harga sebelumnya banyak tersebar di media sosial. Bahkan dengan banyak versi.

Beberapa waktu lalu memang sempat beredar salinan surat edaran dengan berkop PT SIS. Dalam surat ini tercantum harga dan tipe Jimny, antara lain varian manual transmision (MT) Rp 315,5 juta, Automatic (AT) Rp328 juta, transmisi manual dua warna Rp 317,5 juta, dan transmisi otomatis dua warna Rp 330 juta.

Surat edaran yang berkop PT SIS berisi tentang pemberitahuan harga dan pengiriman unit Suzuki All New Jimny – dok.Istimewa

Varian-varian itu ditawarkan dalam delapan warna. Mereka adalah warna putih, abu-abu, kuning, chiffon ivory, brisk blue, silky silver, bluish black, dan jungle green.

Pada awal Mei lalu, Motoris memergoki Suzuki JImny versi anyar itu  tengah diangkut truk gendong di jalan tol yang diduga sebagai persiapan distribusi. Enam Suzuki Jimny versi terbaru – dua unit di lapis atas dan dua di bawah dalam bak truk – itu diangkut di jalan tol Pulogadung menuju Cikunir, Kamis (2/5/2019). Pada bagian belakang SUV legendaris Suzuki itu tertulis Jimny Allgrip(Fer/Ara)

 

CATEGORIES
TAGS
Share This