Pasar Ambles, Volvo Ngaku Penjualan Truknya Justeru Naik

Pasar Ambles, Volvo Ngaku Penjualan Truknya Justeru Naik
Truk Volvo FMX di area pertambangan - dok.ATN

Bogor, Motoris – PT Wahana Inti Selaras (Indomobil Group) yang merupakan distributor resmi truk Volvo di Indonesia mengklaim penjualan truk Volvo yang dijajakannya hingga Mei lalu justeru naik. Padahal, di rentang waktu yang sama penjualan kendaraan komersial – khususnya truk – menciut dibanding tahun 2018 lalu.

Klaim itu dilontarkan Chief Executive Officer PT Wahana Inti Selaras, Bambang Prijono. Dia mengaku, banyak order atau pesanan truk Volvo di tahun lalu yang belum terkirim, sehingga baru di tahun 2019 ini pengiriman dilakukan.

Besaran kenaikan penjualan yang diklaim pun tak main-main, 20%. Dia menyebut, dari beberapa model truk Volvo, dua model Volvo yakni Volvo FMX dan Volvo FH16 yang terlaris.

Ilustrasi truk Volvo FMX – dok.Istimewa

Hanya sayang, Bambang tak menyebutkan angka penjualan masing-masing model itu. Alasannya pun klasik, tak pegang data. “Untuk angkanya maaf, saya tidak hafal. Angka saya tidak pegang data. Tapi yang pasti, kalau yang paling laris itu model FMX dan FH16,” kata dia di kawasan Sentul, Bogor, Jawa Barat, Kamis (20/6/2019).

Bambang mengatakan, sepanjang rentang waktu Januari-Mei, pihaknya telah mengirimkan 290 unit truk ke konsumen.“Kalau tahun lalu full year sekitar 590 unit, sekarang baru lima bulan 290 unit. Artinya, kalau setahun (tahun ini) bisa 600 unit,” ucap Babang mengklaim.

Sebelumnya, pernyataan unggul di penjualan truk juga dilontarkan PT Hino Motor Sales Indonesia (Hino Indonesia). Direktur Promosi dan Penjualan Hino Indonesia, Santiko Wardoyo, dalam siaran pers beberapa waktu lalu menyatakan, di kurun waktu Januari-April pihaknya telah melego 10.528 unit.

Ilustrasi, Volvo FH16 yang bertenaga 750 hp – dok.Youtube

Menariknya, dari total penjualan itu, truk medium merupakan kontributor terbesar. Angkanya, 6.077 unit. Kemudian disusul light duty truck atau truk ringan sebanyak 4.409 unit, dan terakhir heavy duty truck atau truk berat yang terjual 42 unit.

Sementara, Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) melalui data yang dikompilasinya enunjukan di empat bulan pertama tahun 2019 itu, angka penjualan kendaraan komersial – terutama truk – ambles. Data itu menyebut penjualan kendaraan koersial di kurun waktu itu hanya 30.855 unit atau susut 16% dibanding empat bulan pertama tahun lalu. (Fer/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This