Daihatsu Bikin SUV Mungil, Bakal Berlabel Toyota Juga?

Daihatsu Bikin SUV Mungil, Bakal Berlabel Toyota Juga?
Konsep SUV mungil Daihatsu DN-Trec yang dipamerkan di Tokyo Motor Show 2017 - dok.Carscoops

Osaka,Motoris – Pabrikan otomotif asal Osaka, Jepang, Daihatsu Motor Corporation, dikabarkan tengah menyiapkan produksi massal SUV mungil Daihatsu DN-Trec. Namun, sebelum itu, pabrikan ini bakal meluncurkannya di ajang pameran Tokyo Motor Show (TMS) 2019 yang akan berlangsung Oktober nanti.

Seperti dilaporkan Japan Today dan New Atlas belum lama ini, konsep DN-Trec diperkenalkan Daihatsu di ajang TMS 2017. Kala itu, Daihatsu tak memberikan keterangan tentang spesisifikasi dari mobil tersebut.

Kendati begitu, laman Bestcarweb yang berkantor di Jepang, menyuguhkan mobil ini diperkirakan bermesin 1.0 liter, tiga silinder, yang diimbuhi perangkat turbo. SUV dengan dimensi panjang 3.980, lebar 1.695 dan tinggi 1.600 mm.

Interior konsep SUV Daihatsu DN-Trec- dok.Carspiritpk

Informasi lain yang juga menyeruak – meski bukan berasal dari sumber resmi di pabrikan – menyebut, mobil ini juga bakal dibuat sebagai mobil kembar dengan label Toyota. Maklum, Toyota merupakan pemegang mayoritas saham Daihatsu.

Lantas, akankah mobil itu nantinya juga bakal diproduksi dan dipasarkan di Indonesia seperti halnya Xenia-Avanza atau Terios-Rush? Vice President Director PT Toyota Astra Motor (TAM) Heny Tanoto, mengaku belum mendengar apapun tentang kabar itu.

“Kalau soal produksi itu tentu domain Toyota dan Daihatsu (prinsipal). Kami, sejauh ini belum mendengar kabar apapun,” kata Henry saat dihubungi, Jumat (21/6/2019).

Interior konsep SUV Daihatsu DN-Trec- dok.Carspiritpk

Pernyataan serupa diungkapkan Director Administration, Corporate & External Affairs PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Bob Azam. Menurutnya, semua kemungkinan sebuah model menjadi mobil kembar (antara Daihatsu dengan Toyota) bisa saja.

Namun, kata dia, soal keputusan strategi seperti itu menjadi wilayah kewenangan Toyota Motor Corporation maupun Daihatsu Motor Corporation di Jepang. “Sejauh ini kita belum mendengar (proses produksi maupun pemasarannya),” kata Bob saat dihubungi Sabtu (22/6/2019). (Fan/Ara)

 

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS