Penjualan Mitsubishi, Honda, dan Suzuki Menciut di Mei

Penjualan Mitsubishi, Honda, dan Suzuki Menciut di Mei
Honda BR-V versi facelift atau versi baru diluncurkan di IIMS 2019 - dok.Motoris

Jakarta, Motoris – Hingga bulan kelima atau Mei, kinerja penjualan mobil di Indonesia masih muram karena menciut dibanding rentang waktu yang sama di tahun 2018 lalu. Sedangkan selama Mei saja, penjualan ambles hingga 16,4% dibanding bulan yang sama tahun lalu.

Data dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) yang diperoleh Motoris, akhir pekan lalu menunjukan, total penjualan mobil di bulan kelima itu hanya 84.029 uni. Padahal, di bulan yang sama pada tahun lalu, penjualan masih sebesar 100.520 unit.

“Banyak faktor. Tetapi, kondisi politik, pemilihan umum juga memberi andil penurunan. Karena banyak orang yang menunggu keadaan. Apa yang akan terjadi, sehingga mereka juga menunda belanja, termasuk belanja mobil,” tutur Ketua I Gaikindo, Jongkie Sugiarto saat dihubungi, Senin (24/6/2019).

Mitsubishi Xpander menjadi bintang di booth Mitsubishi Motors Indonesia di ajang IIMS 2019 – dok.Motoris

Namun, dia juga tak menampik pandangan yang menyebut kondisi ekonomi yang masih belum sesuai harapan. Sebelumnya, Badan Pusat Statistik (BPS) menyebut pertumbuhan ekonomi nasional sepanjang kuartal pertama atau Januari hingga Maret hanya sebesar 5,07% atau dibawah proyeksi pemerintah yang sebesar 5,2%.

“Itu, juga karena tidak lepas dari faktor global dimana perang dagang Amerika (Serikat) dengan Cina, yang membawa dampak ke kita,” kata Jongkie.

Data juga berbicara, sepanjang Mei itu ada tiga merek papan atas di pasar otomotif Indonesia yang penjualannya kempis. Penjualan Mitsubishi misalnya menyusut dari 16.967 unit di Mei tahun lalu, menjadi 11.761 unit di tahun ini.

Ilustrasi, petugas tengah membersihkan Suzuki All New Ertiga yang dipajang di GIIAS 2018 – dok.Motoris

Kemudian, Suzuki yang penjualannya menyusut dari 12.555 unit pada Mei 2018, menjadi 8.775 unit pada tahun ini. Dan yang ketiga, Honda yang menciut dari 14.324 unit menjadi 11.048 unit.

Fakta juga menunjukan, di rentang waktu Januari-Mei tahun ini total penjualan mobil memang susut 14,7% dibanding kurun waktu yang sama tahun lalu. Jika tahun lalu masih sebanyak 494.931 unit, tahun ini hanya 422.038 unit. (Fan/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS