Luncurkan di GIIAS, Toyota: Meski Kecil Pasar Supra Tetap Seksi

Luncurkan di GIIAS, Toyota: Meski Kecil Pasar Supra Tetap Seksi
Akhirnya Toyota resmi meluncurkan mobil sport ikonik, Supra 2020, di Detroit Auto Show 2019. dok. Motor1.com

Jakarta, Motoris – Setelah tak bersedia menyebutkan jadwal peluncuran secara pasti, akhirnya PT Toyota Astra Motor (TAM) secara resmi menyatakan pihaknya bakal meluncurkan mobil sport ikonik Toyota Supra di hajatan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 nanti. Agen pemegang merek Toyota di Indonesia ini tak menampik ceruk pasar yang dibidik mobil ini terbilang sangat kecil.

“Iya, segmen untuk mobil-mobil seperti ini, Toyota Supra ini memang niche market. Tetapi tetap menarik,” kata Marketing Director PT TAM, Anton Jimmi Suwandy, saat ditemui usai pemaparan persiapan Toyota Indonesia di ajang GIIAS 2019, di Jakarta, Selasa (9/7/2019).

Hanya, Anton belum bersedia menyebut seberapa besar potensi pasar untuk Toyota Supra itu. Meski begitu, dia mengaku telah banyak mendapatkan pertanyaan baik secara langsung ke TAM maupun melalui diler-diler yang ada soal mobil kembaran BMW Z4 ini.

Tamplan belakang Toyota Supra – dok.Istimewa

“Pertanyaan berbagai macam, mulai dari yang menyangkut teknis. Jumlah jatah yang diberikan Toyota Motor untuk Indonesia, harga, sampai layanan purna jual dan benefit yang bakal diterima pelanggan jika mereka membelinya. Tetapi untuk hal-hal yang berkait teknis dan pasar ini nanti saja, kami jelaskan di GIIAS (yang berlangsung di ICE, BSD City, Serpong, 18-28 Juli 2019),” kata Anton.

Tapi yang pasti, kendati penjualan mobil kelas seperti itu bukanlah dimaksudkan sebagai pncetak volume penjualan, namun memiliki arti strategis. Terutama bagi cita merek. Kehadirannya menjadi bukti betapa besarnya merek Toyota yang menyediakan kebutuhan mobil konsumen dari kelas bawah hingga atas, atau bahkan di atasnya lagi.

Konsumen usia muda

Sementara itu, Deputy Division Head Marketing Planning PT TAM, Andri Widiyanto yang ditemui di tempat yang sama mengatakan ceruk pasar Toyota Supra ini memang kecil. “Tetapi ceruk pasar ini seksi. Karena potential buyer-nya cukup besar. Tak hanya dari kalangan usia muda yang mengerti sejarah dan perkembangan teknologi Toyta Supra saja yang meminati, tetapi dari mereka yang berjiwa muda (usia tua),” kata dia.

Menariknya, lanjut Adri, di Indonesia saat ini jumlah orang kaya juga terus meningkat. Banyak di antara mereka adalah orang-orang usia muda yang sukses dalam mengembangkan bisnis.

Dan yang lebih menantang hingga disebut ceruk pasar ini seksi adalah, banyak dari orang-orang muda tajir itu yang menyukai mobil-mobil sport.  “Mereka para pehobi. Suka saja ke mobil, karena memang mengerti dari mobil-mobil sport,” terang Andri.

Toyota Supra GR – dok.Istimewa

Seperti halnya Anton, Andri juga belum bersedia menyebut harga Toyota Supra anyar itu. Mereka hanya menyebut yang diluncurkan di Indonesaia adalah varian Supra GR.

Sebelumnya, situs resmi Badan Pajak dan Retribusi Daerah (BPRD) Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menunjukan harga mobil ini Rp 1,49 2 miliar. Meski, memang nilai jual kendaraan bermotor ini (NJKB) ini bukanlah patokan mutlak untuk menyebut harga resmi. (Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS