Penjualan Mobil Ambles, Merek Geng Astra Susut 5,5%

Penjualan Mobil Ambles, Merek Geng Astra Susut 5,5%
Ilustrasi, Daihatsu Xenia terbaru di IIMS 2019 - dok.Motoris

Jakarta, Motoris – Penjualan kendaraan bermotor roda empat di Indonesia sepanjang Januari – Juni lalu tercatat sebanyak 481.577 unit, atau ambles 13,78% dibanding rentang waktu sama tahun lalu yang sebanyak 553.773 unit. Penurunan penjualan dialami hampir semua merek.

Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) yang diperoleh Motoris, Rabu (17/7/2019) menunjukan, penurunan penjualan juga dialami merek-merek yang bernaung di bawah payung Grup Astra atau PT Astra International Tbk. Bahkan, penurunan penjualan kendaraan bermotor roda empat atau lebih seluruh merek di bawah Astra menyusut 5,5% dibanding kurun waktu yang sama tahun 2018.

Fakta berbicara. Merek-merek yang berada di bawah naungan Astra International hanya menjual sebanyak 253.489 unit mobil di sepanjang enam bulan pertama itu. Jumlah ini lebih rendah dibanding penjualan selama semester satu tahun lalu yang sebanyak 268.483 unit.

Merek-merek di bawah grup Astra – Toyota, Daihatsu, Isuzu, dan lainnya – saat ini diketahui menggenggam 53% dari total pangsa pasar. Sedangkan, total penjualan merek-merek non Astra, ambrol hingga 20% atau jauh lebih jeblok dibanding rata-rata amblesnya penjualan secara nasional.

Honda BR-V versi facelift atau versi baru diluncurkan di IIMS 2019 – dok.Motoris

Data berbicara. Penjualan Toyota di rentang waktu Januari-Juni itu hanya 155.139 unit atau susut 4,5%. Sementara Daihatsu membukukan penjualan 87.023 unit atau mengekerut 9,06%.

Di luar Astra – tetapi yang masuk dalam lima besar – seperti Mitsubishi, Honda, dan Suzuki – juga mencatat penjualan yang ambles. Penjualan Mitsubishi menciut 9,7%, Honda susut 22,6%, dan Suzuki anjlok 22,6%.

Jika dilihat dari penjualan saban bulannya, bulan Juni mencatatkan penjualan paling bonyok. Pada bulan keenam itu, total penjualan semua merek hanya 59.539 unit.

Dengan total penjualan yang terjadi di Januari – Juni ini, maka pencapaian dari target yang dipatok 1,1 juta unit, baru 43,78%. Gaikindo, mengaku tetap optimis, target masih bisa dicapai.

Ilustrasi, petugas tengah membersihkan Suzuki All New Ertiga – dok.Motoris

“Masih ada waktu, apalagi kita di mingu-minggu ini menggelar GIIAS 2019. Tentu ini juga diharapkan bisa menstimulasi pasar. Selain itu ada moent akhir tahun, yang biasanya juga menjadi momen yang dutunggu masyarakat untuk beli mobil,” ungkap Ketua I Gaikindo, Jongkie Sugiarto, saat dihubungi Rabu (17/7/2019). (Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS