AMMDes pun Bisa Tekan Angka Kematian Ibu dan Bayi

AMMDes pun Bisa Tekan Angka Kematian Ibu dan Bayi
AMMDes yang diaplikasikan sebagai Mabulans feeder- dok.Twitter.com

Jakarta, Motoris – PT Kreasi Mandiri Wintor Indonesia (KMWI), produsen Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMDes), dipercaya pemerintah membantu menekan angka kematian ibu dan bayi di Indonesia. Lah kok bisa?

Jadi, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) saat ini tengah mendorong pemanfaatan AMMDes di seluruh daerah Indonesia. Kendaraan roda empat yang diproduksi massal oleh KMWI sejak Februari 2019 lalu itu diharap dapat membantu pemerintah meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan masyarakat pedesaan.

Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan Ditjen ILMATE Kemenperin, Putu Juli Ardika mengatakan, salah satu cara untuk mencapai target tersebut adalah dengan memanfaatkan AMMDes untuk meningkatkan pelayanan transportasi rujukan kesehatan di Kabupaten Lebak, Banten.

Program bertajuk “Pilot Project Peningkatan Pelayanan Transportasi Rujukan Kesehatan melalui pemanfaatan AMMDes Pengumpan Ambulans” ini diyakini bakal membantu menurunkan angka kematian ibu dan bayi di Kabupaten Lebak, Banten.

AMMDes di GIIAS 2018 – dok.Motoris

KMWI sebagai anak usaha PT Astra Otoparts Tbk tidak melakukannya sendiri, namun bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Lebak, USAID Jalin, PT Samudera Marine Indonesia, dan PT Kreasi Mandiri Wintor Distributor untuk program tersebut.

“Pemanfaatan AMMDes ambulance feeder ini untuk mengurangi angka kematian ibu dan bayi di Kabupaten Lebak sebagai dampak dari kondisi jalan-jalan desa yang minim infrastruktur dan topografi yang sulit dan berbukit yang tidak dapat dijangkau oleh ambulans konvensional,” ungkap Putu.

Tekan kematian ibu dan bayi
Bupati Lebak, Iti Octavia Jayabaya mengatakan, angka kematian ibu hamil di Lebak menempati peringkat keempat di Provinsi Banten.

Sementara angka kematian bayi, menempati peringkat kedua di Provinsi dengan luas 9.662,92 km2 tersebut. Dengan adanya AMMDes pengumpan ambulans, diharapkan dapat membantu dalam penanganan kesehatan ibu hamil.

AMMDes versi Mini Off-Road di IMX 2018 – dok.Motoris

“Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya, di mana Kabupaten Lebak menjadi pilot project terkait dengan ambulance feeder dari AMMDes. Kami harapkan adanya alat bantu ini untuk memudahkan masyarakat dan meminimalkan angka kematian ibu dan anak yang tentunya menjadi persoalan bagi kita semua,” ujar Iti. (Gen)

CATEGORIES
TAGS
Share This