Penjualan Kedodoran, Konsep Xenia Sport Jadi Pancingan

Penjualan Kedodoran, Konsep Xenia Sport Jadi Pancingan
Konsep Xenia Sport di GIIAS 2019 - dok.Motoris

Tangerang, Motoris – PT Astra Daihatsu Motor (ADM) menyuguhkan Xenia Modification dengan tagline “Enhanced Sporty” untuk menggaet para milenial dan pengunjung hajatan GIIAS 2019 yang kini tengah berlangsung. Kehadirannya diharapkan jadi inspirasi pemilik mobil jika ingin memodifikasi tunggangannya.

Seperti diungkapkan R&D Executive Officer PT ADM, Pradipto Sugondo, Xenia Modification tersebut mengusup konsep “youth sporty”. “Sehingga, diharapkan menjadi daya tarik kepada pengunjung GIIAS 2019 dan sekaligus menjadi inspirasi bagi kalangan muda dalam modifikasi mobil mereka,” kata dia di arena GIIAS, ICE, Serpong, Tangerang, Kamis (18/7/2019).

Faktanya, tampilan Xenia Modification ini memang lebih menarik ketimbang versi biasa alias versi yang ada. Baluran kelir Matte Grey Metallic dengan aksen lime green membuatnya menarik.

Terlebih, ada tambahan Glossy Black Roof, Aero Kits, Rear Spoiler, Back Door Upper, serta Back Door Garnish. Begitu pun dengan pelek aluminium berukuran 17 inci dari OZ wheels Eibach Lowering Kit.

Interior Konsep Daihatsu Xenia Sport – dok.Motoris

Apalagi, Daihatsu juga melengkapi Daytime Running Light (DRL) di bodi bagian depan. Ubahan di bagian eksterior ini, juga diimbangi dengan tampilan di interior.

Daihatsu memberikan sentuhan bernuansa hitam di bagian trim, instrument panel, serta headlining. Semuanya disisipi aksen lime green. Begitu pula untuk balutan jok kulit dan door trim.

Penjualan loyo
Lantas, akankah pancingan inspirasi melalui konsep modifikasi itu juga bakal manjur mendongkrak penjualan Daihatsu Xenia? Wallahualam, jawabnya. Waktulah yang akan membuktikannya.

Tetapi yang pasti, penjualan low MPV itu hingga kini masih loyo. Bahkan cenderung menurun. Fakta berbicara, jika di tahun 2018 lalu, dalam rentang waktu Januari-Juni penjualan ritelnya masih sebanyak 16.427 unit, di kurun waktu yang sama tahun ini hanya 12.485 unit.

Tampilan belakang konsep Xenia Sport – dok.Motoris

Data yang dirilis PT ADM beberapa waktu lalu menyebut, penjualan ritel sebanyak itu setara dengan 14% dari total penjualan seluruh modl Daihatsu. Sedangkan penjualan dari pabrik ke diler atau wholesales hanya 13.293 unit atau hanya menyumbang 14% ke total penjualan.

Padahal, saat awal-awal diluncurkan, Xnia selalu menjadi “runner up” alias juara dua, dalam daftar penjualan low MPV. Volumenya tak terlampau jauh berselisih dengan penjualan Avanza. Namun, kini jauh tertinggal dibanding saudara kembarnya itu.

Data yang disampaikan PT Toyota Astra Motor (TAM) di periode yang sama, Avanza terjual secara ritel sebanyak 37.300-an unit. Sedangkan wholesales-nya, sebanyak 39.700-an unit. (Ara)

 

,

 

 

CATEGORIES
TAGS
Share This