Karoseri Bus Tentrem Siap Tembus Ekspor dengan Dua Hal Ini

Karoseri Bus Tentrem Siap Tembus Ekspor dengan Dua Hal Ini
Bus garapan Karoseri Tentrem dengan basis Mercedes-Benz dipamerkan di GIIAS 2019 - dok.Motoris

Tangerang, Motoris – Perusahaan karoseri asal Malang, Jawa Timur – Tentrem Sejahtera – mengaku siap setiap saaat jika ada perusahaan operator jasa layanan bus luar negeri yang membutuhkan karoseri darinya. Selain didukung tenaga terampil, Tentrem juga telah “Kalau membuktikan kualitas produknya melalui roll over menggunakan perangkat digital.

soal ekspor, kapan pun kami siap jika ada yang meminta (importir) dari negara-negara lain. Secara kualitas, dan teknologi sudah terbukti. Bahkan, beberapa waktu lalu, delegasi dagang dari palestina sudah melihat bus kami, spesifikasinya, dan lainnya. Mereka melakukan penjajakan,” tutur Direktur Tentrem Yohan Wahyudi, saat ditemui Motoris, di booth Tentrem GIIAS 2019, ICE Serpong, Tangerang, Jumat (26/7/2019).

Soal tes, ohan mengaku setiap produk yang akan dibangunnya telah menjalani tes uji “terguling” meski dengan menggunakan peranti digital. Dengan simulasi menggunakan perangkat lunak itu diketahui, seberapa aman konstruksi rancang bangun bus buatannya jika terjadi kecelakaan.

Bus garapan Tentrem dengan basis chassis Scania – dok.Motoris

“Faktor keamanan seperti ini sangat penting. Terutama oleh negara-negara di (belahan) dunia barat. Aturannya di sana sangat rigid (ketat), sehingga kami juga harus siap. Memang, kalau kita mau maju harus siap di era global seperti sekarang,” papar Yohan.

Namun, lanjut dia, bukan berarti bus-bus yang digarapnya untuk operator bus lokal – atau perusahaan otobus (PO) lokal – tak memenuhi standar tersebut. Yohan memastikan semua bus garapannya untuk pasar lokal pun telah dijamin kualitas keamanannya.

“Mulai dari bahan atau material, pengerjaan, sampai hasil akhir kami uji. Kami pasikan keamanannnya. Apalagi, kan di kita (Indonesia) juga semakin ketat aturan. Ada SPM (Standar Pelayanan Minumum) setiap tahun aada ramp check untuk melihat keamanannya.. Begitu juga dengan aspek kenyamanannya,” terang Yohan.

Bus Mercedes-Benz dengan balutan karoseri Tentrem – dok.Motoris

Standar Eropa
Aspek kedua yang juga terkait dengan standar keamanan itu adalah, dalam membuat rancang bangun bus dengan berbagai basis chassis, pihaknya menggunakan standar global. Sehingga bus-bus yang dibuat dengan basis chassis Eropa seperti Mercedes-Benz, Scania, Volvo mudah dibuatnya.

Begitu pun dengan bus-bus dengan chassis bus buatan Asia seperti Jepang, antara lain Hino, juga dibangun dengan standar global.

Bus garapan karoseri Tentrem dengan basis chassis Hino – dok.Motoris

Soal penjualan, Yohan menyebut pihaknya menargetkan penjualan tahun ini naik 10-15%. Tapi, dia tak menampik jika pasar bus sepanjang semester pertama lalu melandai akibat kondisi pengusaha yang bersikap menunggu (wait and see) karena imbas kegiatan politik pemilihan umum.

“Yang pasti, kami masih on the track. Setiap dua atau tiga hari, kami hasilkan satu produk. Tahun lalu, kami juga masih growth,” ujarnya tanpa bersedia menyebut volumenya.

Salah satu bus garapan Tentrem yang terlaris adalah varian Avante yang ber-chassis Hino RK Series.(Ara)

 

CATEGORIES
TAGS
Share This