Nissan Indonesia Pecat 830 Karyawan

Nissan Indonesia Pecat 830 Karyawan
Nissan New Livina saat dipmaerkan di hajatan GIIAS 2019 - dok.Motoris

Jakarta, Motoris – Nissan bakal memecat 2.500 karyawan di India dan Indonesia hingga Maret 2020 guna merespons jebloknya penjualan di dua negara itu. Perinciannya, Nissan Indonesia memecat 830 karyawan, sedangkan India 1.700-an.

Seperti dilaporkan Nikkei akhir pekan kemarin, pemecatan karyawan adalah bagian dari restrukturisasi bisnis global Nissan. Total karyawan yang akan dirumahkan mencapai 12.500 orang hingga 2023.

Di Indonesia, penjualan Nissan mencapai 7.169 unit selama semester I tahun ini, naik 49%, didorong kejadiran All New Livina. Mobil ini bukan buatan Nissan, melainkan bikinan aliansinya, Mitsubishi.

Kendati naik, penjualan Nissan tertinggal jauh dari pemain Jepang lainnya, seperti Toyota 154 ribu unit. Datsun, merek murah Nissan, juga gagal bersinar. Penjualan Datsun turun 49% selama semester I tahun ini.

Ubahan Nissan X-Trail facelift hanya pada eksterior – dok.Motoris

Ini sangat ironis mengingat merek Jepang berkuasa penuh di Indonesia dengan porsi 90% lebih, berdasarkan catatan Motoris. Parahnya lagi, penjualan Nissan dibabat merek Cina Wuling yang mencapai 7.767 unit.

Nikkei menulis, Nissan kini menghentikan produksi merek sendiri, setelah menghasilkan 180 unit Januari lalu. Kini pabrik Nissan di Purwakarta berkapasitas 250 ribu unit per tahun hanya memproduksi Datsun yang bonyok total dihajar Toyota dan Daihatsu di segmen mobil murah. Pabrik Nissan juga memproduksi mesin Xpander dan Livina. (Gbr)

CATEGORIES
TAGS
Share This