Malaysia Gaet Turki Bikin Mobnas Supercar, Kapan Indonesia?

Malaysia Gaet Turki Bikin Mobnas Supercar, Kapan Indonesia?
Perdana Menteri Malaysia saat melihat langsung supercar buatan pabrikan otomotif Turki Ouk yakni Onuk S56G - dok.Malay Mail

Istanbul, Motoris – Perdana Menteri Malaysia, Mahathir Mohamad, menyebut pabrikan supercar asal Turki – Onuk, yang disebutnya sebagai produsen dengan kemampuan tinggi – menunjukan indikasi bersedia berkolaborasi dengan Malaysia dalam New National Car Project (NNCP) untuk memproduksi mobil nasional. Tak hanya supercar dan mobil sport saja, tetapi juga mobil lain.

Seperti dilaporkan kantor berita Bernama, Malay Mail,  dan New Straits Times, belum lama ini, pernyataan tersebut diungkapkan Mahathir saat berkunjung ke Turki pada Sabtu (27/7/2019) lalu. “Mereka siap berkolaborasi dengan kami, tidak hanya pada mobil sport, tetapi juga mobil lain,” kata pria yang akrab disapa Dr.M itu.

Mahathir mengaku dirinya telah lama mengetahui kemampuan Onuk sebagai pabrikan yang memiliki kemampuan tinggi dalam membuat mobil super. Hanya, pada saat dia mengetahui hal itu, dirinya sudah tak menjabat Perdana Menteri lagi.

Supercar Onuk – dok.New Straits Times

Seperti diketahui, pria kelahiran Alor Setar, Malaysia, 94 tahun lalu itu, sebelumnya menjadi Perdana Menteri Malaysia di rentang waktu 1981 – 2003. Setelah pensiun beberapa waktu, pada 2018 lalu, dia memenangi pemilihan umum dan kembali terpilih sebagai Perdana Menteri negeri jiran tersebut.

“Onuk (saya lihat saat itu) terlihat cakap. Sebenarnya saya sudah lama mengetahui hal ini. Tapi saya tidak menindaklanjuti ini. Karena saya bukan perdana menteri lagi (saat itu),” papar dia.

Pada saat berdialog dengan pimpinan industri otomotif Turki – termasuk Onuk – Mahathir menawarka kerjasama untuk membuat mobil nasional Malaysia termasuk supercar, mobil sport, dan lainnya. Tun Mahathir menyebut, Malaysia telah memiliki pengalaman memproduksi Proton dan Perodua.

Para pimpinan Onuk saat memperlihatkan Onuk Sazan kepada Mathir Mohamad di Bandara Sabiha Gocken Airport – dok.Malay Mail

Gayung pun bersambut, klaim Mahathir. Onuk memberi sinyal utuk menyambut tawaran itu. Meski, tak disebutkan kapan proyek NNCP supercar dan lainnya itu akan dimulai.

Onuk meyakinkan Mahathir atas produknya dengan  mengajaknya melihat langsung dua supercar besutannya. Sesaat setelah berdialog dengan para industriawan otomotif Turki, suami Siti Hasmah itu diajak melihat-lihat sosok supercar Onuk Sazan dan Onuk S56.G yang tengah dipamerkan di Istanbul Sabiha Gokcen International Airport (ISGIA).

Sang Perdana Menteri terlihat terkesan dengan dua supercar tersebut, sebelum kembali ke Malaysia. Onuk adalah perusahaan yang dibentuk pada tahun 1993.(Ara)

 

 

CATEGORIES
TAGS
Share This