Hyundai Tunggu Insentif Pemerintah Buat Bangun Pabrik

Hyundai Tunggu Insentif Pemerintah Buat Bangun Pabrik
Ilustrasi, Mobil Hyundai yakni SUV Hyundai Santa Fe di GIIAS 2019 - dok.Motoris

Jakarta, Motoris – Rencana produsen otomotif asal Korea Selatan, Hyundai untuk membangun pabrik di Indonesia terus berjalan. Meskipun begitu, perusahaan masih menunggu paket insentif yang akan diberikan pemerintah.

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Thomas Lembong mengatakan proses negosiasi masih berjalan. Pemerintah masih terus mengkaji sepak terjang bisnis otomotif di Indonesia. “Kita masih negosiasi sengit mengenai paket insentif yang bisa diberikan,” katanya dalam paparan realisasi investasi di Jakarta, Selasa (30/7/2019).

Insentif yang diinginkan oleh Hyundai sangat erat kaitannya dengan guncangan yang ada di industri otomotif dewasa ini. Beberapa raksasa otomotif di dunia bahkan sudah ada yang menghentikan operasinya di Indonesia, seperti Ford atau Nissan yang melakukan PHK kepada sekitar 12 ribu karyawannya di dunia.

Merosotnya bisnis industri otomotif dunia juga tercermin dari penjualan mobil di China. Melansir Reuters, penjualan mobil di China pada Desember tahun lalu susut 13 persen. Padahal China merupakan pasar mobil terbesar di dunia.

Ilustrasi mobil di jalanan sebuah kota di Cina – dok.The Car Connection

Artinya, secara global memang terjadi penurunan permintaan. Di Indonesia, penjualan mobil juga tercatat susut.

Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan mobil di periode Januari hingga Mei 2019 turun 14,72 persen menjadi 422.38 unit. Padahal di periode yang sama tahun lalu penjualan mobil masih bertengger di angka 494.931 unit.

Faktor lain yang juga menambah berat penjualan mobil adalah hadirnya bisnis transportasi yang berbasis digital. Kemunculan Grab dan juga Gojek yang memilki fitur sharing juga menjadi salah satu penyebab melambatnya permintaan mobil.

Sebelumnya Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengatakan, Hyundai pernah datang ke Istana Negara untuk membahas rencana investasinya di tanah air. Hyundai juga berencana melakukan ekspor atas beberapa jenis produknya lewat Indonesia.

Delegasi Hyundai Group bertemu Presiden Joko Wido di Istana Presiden Jakarta, 25 Juli 2019 – dok.Setkab

Incar Jawa Barat
Meskipun masih dalam proses negosiasi, namun diketahui lokasi yang sudah diincar untuk dijadikan pabrik oleh Hyundai adalah wilayah Jawa Barat. Jika proses negosiasi berjalan lancar, ditargetkan pada tahun 2021 operasionalisasi pabrik sudah dapat dimulai.

Thomas Lembong berharap investasi pembangunan pabrik Hyundai sudah bisa dilakukan sebelum bulan November tahun ini. Terkait bisnis, ke depannya Hyundai juga bakal menapaki bisnis mobil listrik dan juga otonom alias tanpa supir.

Ilustrasi, booth Hyundai Indonesia di GIIAS 2019 – dok.Motoris

Tingginya mobilitas masyarakat membuat banyak produsen otomotif mulai berpikir untuk membuat produk yang mudah digunakan namun tetap mengedepankan keamanan dan juga kenyamanan. (Gen)

 

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS