Listrik Padam, Ini Pesan Kalangan Industri Otomotif ke PLN

Listrik Padam, Ini Pesan Kalangan Industri Otomotif ke PLN
Ilustrasi - dok.ABS-CBN

Jakarta, Motoris – Padamnya listrik di tengah hari pada hari Minggu (4/8/2019) hingga dini hari, memang tak memberikan dampak serius ke industri otomotif (mulai dari produksi hingga penjualan). Namun, para pelaku industri berharap kemungkinan kejadian seperti itu harus benar-benar diantisipasi sedini mungkin agar tidak terjadi pada saat hari biasa atau hari kerja.

“Padamnya listrik kemarin (di Minggu) tidak berdampak atau dampaknya relatif sangat kecil, karena memang pada hari Minggu aktifitas penjualan tidak ada kan. Kita libur, seangkan teman-teman diler yang bengkelnya buka pun hanya sampai jam 15.00. Artinya, kalau terjadi padam jam 12 atau jam 13-an, ya masih relatif aman. Apalagi, mereka kan juga ada genset,” tutur 4W Sales Director PT Suzuki Indomobil Sales (PT SIS), Makmur, saat dihubungi di Jakarta, Senin (5/8/2019).

Pernyataan senada juga diungkapkan Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy. Menurutnya, kejadian listrik padam itu untungya terjadi pada hari Minggu yang nota bene hari libur.

“Tidak ada dampak serius ya. Kegiatan penjualan juga pas libur, cabang-cabang kita Minggu hampir semua off (tutup). Begitu juga kegiatan produksi di pabrik juga libur. Kalau ada diler yang layanan bengkelnya buka, mungkin saja bengkel tutup lebih awal, sampai jam 12-an (dari biasanya sampai jam 15.00). Tapi, mereka kan juga punya genset,” kata Anton.

Ilustrasi, pameran mobil – dok.Motoris

Ketua I Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia, Jongkie Sugiarto mewanti-wanti, meski tidak ada dampak serius padamnya listrik ke industri pada hari Minggu, namun perusahaan listrik (PLN) juga harus waspada dan antisisipatif. Dia berharap, kejadian seperti itu tak terjadi pada hari biasa atau hari kerja.

“Apalagi kalau kita ingin mengudang banyak investor ke dalam negeri. Soal listrik ini, menjadi sesuatu yang sensitif. Ini bisa dimaklumi, karena faktor energi (listrik) itu vital dalam proses produksi maupun pasca produksi baik itu baik pemasaran, penjualan, dan lainnya. Itu yang penting menjadi perhatian kita bersama,” tuturnya saat dihubungi, Senin (5/8/2019).

Namun, Jongkie mengaku hingga kini Gaikindo belum mengetahui apakah ada keluhan atau tidak dari kalangan industri anggotanya terkait dengan padamnya listrik di hari Minggu (4/8/2019) itu. “Kami belum mengetahui ada keuhan atau tidak,” ucap dia. (Fan/Ara)

 

 

CATEGORIES
TAGS
Share This