TEY 2019 Digelar, Lahirkan Milenial Peduli Ekonomi dan Lingkungan

TEY 2019 Digelar, Lahirkan Milenial Peduli Ekonomi dan Lingkungan
Wakil Presiden Direktur TMMIN, Edward Otto Kanter - di tengah - saat melihat hasil kreasi peserta TEY 2019 - dok.Istimewa

Jakarta, Motoris – Toyota Indonesia – yakni PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) dan PT Toyota Astra Motor (TAM) – kembali menggelar Penghargaan Toyota Eco Youth (TEY). Hajatan tahunan yang ke-11 yang mengusung tema ‘Ecosociopreneur’ ini melahirkan milenial jawara peduli ekonomi  yang berwawasan lingkungan.

Secara konsep Ecosociopreuner merupakan program yang mengajak partisipasi masyarakat untuk menghasilkan nilai ekonomi, namun tetap berfokus pada pelaksanaan program lingkungan. Walhasil, melalui TEY itu, Toyota membangun “jembatan” bagi anak sekolah yang merupakan milenial untuk mewujudkan ide-ide mereka dalam mengerakan aktivitas ekonomi produktif tetapi tetap mengedepankan aspek lingkungan.

“Melalui program TEY yang telah berlangsung lebih dari satu dekade, Toyota Indonesia berusaha menjembatani potensi siswa-siswi yang merupakan elemen utama kemajuan dunia pendidikan, industri, hingga pelestarian lingkungan,” kata Direktur Administration, Corporate, & External Affairs PT TMMIN Bob Azam, di Kemang Village, Kemang, Jakarta Selatan, Selasa (6/8/2019).

Melalui konsistensi program TEY ini, kata Bob, Toyota memberikan penghargaan dan dukungan penuh atas ide-ide kreatif para pelajar untuk diwujudkan menjadi suatu gerakan inovatif dalam menjaga kelestarian alam di masa yang akan datang.

Juara TEY 2019 – dok.Istimewa

“SMA dan SMK yang terlibat sebagai peserta mencapai 600 sekolah. Total proposal proyek lingkungan hidup yang diajukan sebanyak 4.000 proposal dari 34 provinsi di Tanah Air,” jelas Bob.

Wakil Presiden Direktur PT TMMIN Edward Otto Kanter berharap program ini terus digalakkan sehingga memberi sumbangsih positif bagi keberlanjutan alam serta kesejahteraan masyarakat sekitar. “Kami sangat mengapresiasi semangat kepedulian lingkungan yang dituangkan para pelajar dalam berbagai program bertemakan Ecosociopreuner,” ungkap dia.

Menginspirasi
Wakil Presiden Direktur PT TAM, Henry Tanoto menegaskan, dukungan terhadap program TEY ini membuktikan bahwa Toyota tidak hanya fokus pada pengembangan bisnis melalui produk, teknologi, dan peningkatan layanan purna jual kepada pelanggan saja. Tetapi, lanjut dia, Toyota juga mempunyai komitmen untuk turut berkontribusi demi terciptanya masyarakat dan lingkungan yang lebih baik.

“Melalui program Toyota Eco Youth, diharapkan dapat menjadi salah satu medium untuk semakin meningkatkan kesadaran masyarakat, khususnya generasi muda, dalam pentingnya upaya pelestarian lingkungan. Semoga para peserta TEY ini dapat menginspirasi orang-orang di sekitarnya dan ide-ide yang dituangkan dalam proyeknya dapat dimanfaatkan dengan baik di masa depan,” ujar Henry.

Best of The Best TEY 2019 – dok.Istimewa

Untuk menetapkan pemenang TEY, Toyota Indonesia dan para dewan juri menetapkan kriteria dalam menyaring 25 proposal terbaik dari 25 sekolah. Indikator penilaian yang digunakan terdiri dari local eco problem, solusi yang diusulkan, rencana proyek, serta keaslian proyek.

Juara pertama TEY 2019 kategori Science adalah SMAN 5 Yogyakarta. Kedua, SMK Texar Karawang, dan juara ketiga SMAN 3 Merauke.Sedangkan juara pertama kategori social diraih SMAN 2 Semarapura (Bali). Juara kedua, SMAN 19 Bandung, dan juara ketiga direbut SMAN 1 Ambon.

Adapun Best of Best TEY Awarding Ke-11 ini disabet oleh SMAN 5 Yogyakarta. Pemenang ini hadiah perjalanan Eco Trip ke Jepang. (Ara)

 

CATEGORIES
TAGS
Share This