60 Tahun, MINI Produksi 10 Juta Mobil

60 Tahun, MINI Produksi 10 Juta Mobil
MINI edisi khusus perayaan hari ulang tahun perusahaan yang ke-60 sekaligus model ke-10 juta unit - dok.Istimewa

Oxford, Motoris – Tepat di pekan kedua Agustus ini, pabrikan mobil kondang asal Inggris – MINI – genap berusia 60 tahun. Bertepatan dengan haris istimewa itu pula, MINI meluncurkan model khusus yang sekaligus menandai produksi ke-10 juta unit.

Seperti dilaporkan laman Autoexpress dan Motoring Ressearch, Sabtu (10/8/2019), mobil unit ke-10 juta itu dibuat di pabrik MINI yang berada di Oxford, Inggris. Mobil tersebut hatchback tiga pintu dengan atap “hardtop”.

Hatchbak berlabur kelir hijau khas MINI dengan ornamen hitam itu dibekali mesin 2.0 liter empat silinder. Semburan tenaganya diklaim mencapai 192 hp.

Tampilan edisi khusus ini terbilang istimewa. Balutan lembaran kulit kelas wahid terlihat pada jok. Warnanya coklat dengan aksen hijau, yang mencuatkan kesan elegan. Sementara, serangkaian decals dan logo khusus, plus pelek 17 inci yang dirancang khusus menjadi ciri khas model tersebut.

Perayaan MINI Internasional yang juga ditandai dengan peluncuran mobil ke-10 juta unit yang dibuat oleh MINI – dok.Istimewa

Menariknya, dalam rangka perayaan 60 tahun MINI itu, manajemen perusahaan mengundang para pemilik MINI dari berbagai varian dan generasi zaman untuk ikut hadir dalam perayaan. Total ada 61 unit MINI – meski dengan nama yang berbeda-beda seperti Austin Seven, Austin Mini, Innocenti Mini, Morris 850, Riley Elf, dan Rover Mini – hadir dan turut berkonvoi menuju Bristol.

Mereka berkumpul untuk meramaikan Pertemuan Mini Internasional yang berlangsung, Minggu (11/8/2019). Para pemilik mobil itu berdatangan dari berbagai negara, yang menjadi cerminan betapa hasil produksi MINI telah mendunia.

Kemampuan produksi MINI duketahui berlipat ketika mulai diambil alih oleh BMW AG pada tahun 1994 lalu. Sebelumnya, sejak tahun 1956 – 2000, jumlah total produksinya baru mencapai 5,3 juta unit.

Logo MINI – dok.amphibiouszoo.com

Jumlah itu meningkat hampir dua kali lipat, setelah BMW memegang kendali pada tahun itu. Sejak itu pula, penjualan melaju kencang sejalan dengan unit yang dibuat. Alhasil, tepat di bulan delapan tahun ini, jumah kumulatif mobil yang dibuat MINI telah mencapai 10 juta unit. (Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This