Perusahaan Terpatuh Pabean, Segini Ekspor-Impor Suzuki

Perusahaan Terpatuh Pabean, Segini Ekspor-Impor Suzuki
All New Ertiga Suzuki Sport - dok.Motoris

Jakarta, Motoris – PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) menerima penghargaan sebagai nominator Non Mitra Utama (MITA) Non Authorized Economic Operator (AEO) terbaik dari Kantor Pelayanan Utama Bea dan Cukai Tipe A Tanjung Priok. Suzuki dinilai patuh terhadap peraturan dan mendukung pemerintah dalam hal kebijakan ekspor-impor.

“Dinobatkan sebagai nominator Non MITA Non AEO terbaik merupakan sebuah prestasi bagi kami karena hal tersebut membuktikan bahwa kami telah mematuhi peraturan pemerintah,” papar Head of Export Import PT SIS, Hady Surjono Halim, dalam siaran pers, Rabu (14/8/2019).

Dengan apresiasi itu, lanjut Hady, Suzuki berkomitmen untuk semakin meningkatkan kinerja demi mendukung kerja sama yang semakin baik dengan pemerintah. “Khususnya dengan KPU Bea dan Cukai Tipe A Tanjung Priok,” kata dia.

Suzuki dinilai terbukti sebagai perusahaan yang patuh administrasi kepabeanan. Sebab, secara rutin memberikan laporan yang benar dan diserahkan tepat waktu sesuai dengan ketentuan KPU Bea dan Cukai Tipe A Tanjung Priok.

Ilustrasi, booth Suzuki di GIIAS 2019 – dok.Istimewa

Selain patuh administrasi, PT SIS juga dinilai memiliki  dwelling time (waktu tinggal) yang singkat dan memenuhi ketentuan waktu yang ditetapkan oleh pemerintah. “Tidak hanya itu,melalui kegiatan ekspor-impor, Suzuki turut berkontribusi terhadap penerimaan negara melalui pembayaran pajak yang tepat waktu,” sebut Hady.

Ekspor lebih banyak
Lantas seperti apa kinerja ekspor impor Suzuki Indonesia? Data yang dikompilasi Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukan, di rentang waktu Januari – Juni lalu, Suzuki Indonesia menempati urutan kedua dalam hal impor mobil secara utuh (CBU).

Jumlahnya mencapai 7.213 unit. Namun, Suzuki masih berada di bawah Toyota dalam jumlah impor di kurun waktu itu. Toyota mengimpor sebanyak 12.295 unit.

Suzuki Baleno, salah satu mobil yang diimpor secara utuh oleh Suzuki Indonesia- dok.Motoris

Berada di urutan belakang Suzuki ada Mitsubishi yang mengimpor sebanyak 6.628 unit, dan Mazda sebanyak 2.377 unit. Tetapi ekspor Suzuki selama enam bulan pertama itu, lebih banyak dibanding impor.

Data Gakindo menunjukan, pada periode tersebut, ekspor yang dibukukan Suzuki sebanyak 12.230 unit. Impor mobil utuh Suzuki itu terdiri dari Suzuki Ignis, Baleno, SX4 S-Cross, dan Suzuki Jimny versi terbaru. (Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This