Fokus ke Motor, Honda Argentina Setop Produksi HR-V

Fokus ke Motor, Honda Argentina Setop Produksi HR-V
Ilustrasi, Honda Wave model 2017 - dok.Istimewa

Buenos Aires, Motoris – Honda Motor di Argentina mulai 31 Mei 2020 nanti berhenti memproduksi SUV Subkompak Honda HR-V di pabrikanya yang terletak di Campana, Buenos Aires. Pabrik ini akan difokuskan hanya untuk memproduksi sepeda motor.

Seperti dilaporkan laman Mercadolibre dan Automotive News, Jumat (16/8/2019), Honda Argentina mengatakan, pihaknya bersikap realistis. Terlebih, perkembangan penjualan motor yang dijajakan di pasar di regional Amerika Latin maupun domestik ternyata lebih positif, terus merambat naik. Sebaliknya, penjualan SUV dan beberapa varian mobil justeru menyusut.

Lantaran itulah, Honda harus membuat pilihan dengan penajaman strategi pada pasar yang lebih menguntungkan. Alhasil, fokus ke kendaraan roda menjadi pilihan. Ada sejumlah model yang siap diproduksi di tahap awal, antara lain Honda Wave, CG150 dan XR150L.

“Keputusan ini merupakan bagian dari restrukturisasi dan reorganisasi secara global terkait dengan strategi produksi kendaraan ringan,” bunyi pernyataan Honda Motor Company.

Pabrikan juga memastikan, langkah itu tidak terkait apapun dengan proses politik, khususnya pemilihan umum yang akan digelar di negara itu dalam waktu dekat ini. Meski, tak bisa dimungkiri bakal ada rasionalisasi atau pemutusan hubungan kerja (PHK) karyawan sebagai konsekwensi dari restrukturisasi.

Ilustrasi, Honda HR-V – dok.Istimewa

Sampai hari ini, pabrik tersebut mempekerjakan 1.000 orang. Mereka memproduksi beberapa model yang dijajakan Honda, termasuk Honda HR-V. Sampai Agustus ini, manajemen Honda setempat masih bernegosiasi dengan para pekerja untuk merundingkan rencana PHK.

Sepeda motor Honda mulai masuk ke Argentina pada tahun 2006. Lima tahun kemudian, atau tahun 2011, pemegang merek Honda di negara itu memproduksi kendaraan bermotor roda dua tersebut hingga sekarang. (Ara)

 

 

 

CATEGORIES
TAGS
Share This