Geely Suntik Dana 50 Juta Euro ke Start Up Taksi Terbang

Geely Suntik Dana 50 Juta Euro ke Start Up Taksi Terbang
Ilustrasi, taksi terbang - dok.Bloomberg

Hangzhou, Motoris – Miliarder pemilik Zhejiang Geely Holding Grup Company, Li Shufu sepakat memberikan suntikan dana 50 juta euro ke Volocopter Gmbh, perusahaan rintisan yang berbasis bisnis mobil terbang.

Seperti dilaporkan Bloomberg, Selasa (10/9/2019) pemegang saham Volvo Mobil itu bertindak sebagai pimpinan pendanaan yang akan membantu mengembangkan taksi terbang, VoloCity Air dalam 3 tahun kedepan. Selain Geely, ada juga Daimler AG yang juga ikut dalam rencana pengembangan moda transportasi anyar itu.

Nah, nantinya Geely dan juga Volocopter akan membentuk perusahaan patungan demi bisa membawa taksi udara itu ke pasar China. Pengembangan moda transportasi baru itu diharapkan dapat membuat penumpangnya melewati kemacetan dan mencapai tujuan dengan lebih cepat.

Sebagai catatan, dalam putaran pendanaan Seri C itu memang baru Geely dan juga Daimler yang sudah bergabung, tetapi kedua perusahaan tidak menutup kemungkinan akan masuknya investor baru.

Cockpit taksi terbang – dok.Istimewa

Transformasi Geely

Masuknya Geely dalam investasi di sektor teknologi tinggi itu, membuktikan bahwa perusahaan memang berniat untuk beralih bisnis. Chairman Geely Li Shufu mengatakan investasi dari Geely datang ketika China sedang berupaya untuk beralih dari kendaraan yang bergantung pada pasokan minyak ke kendaraan yang menggunakan energi baru, sehingga tingkat polusi udara bisa diturunkan.

Kemudian Li memperluas cakupan bisnisnya di luar mobil dengan menggali ke daerah-daerah. Dari saatelit orbit rendah ke microchip. Pada 2017 Li mengumumkan bahwa perusahaan akan membeli Terrafugia Inc yang berbasis di Amerika Serikat.

Perusahaan merupakan entitas yang berusaha membawa mobil terbang ke pasar di 2019. Geely juga sudah menandatangani perjanjian dengan BUMN China, Aerospace Science and Industry Corp pada November lalu utuk membangun kereta supersonic yang menggunakan teknologi homegrown.

Taksi terbang – dok.Istimewa

“Geely sedang beralih dari produsen otomotif menjadi kelompok teknologi,” kata Li.

Pengembangan pada mobil terbang juga sedang dikembangkan di AS dan Jepang. Adalah Uber Technologies Inc, Boeing Co. Airbus SE dan startup yang didukung oleh raksasa otomotif, Toyota Motor Corp merupakan beberapa perusahaan yang juga berupaya membawa kendaraan udara ke pasaran. (Gen)

CATEGORIES
TAGS
Share This