Bidik Rp 62,5 M, Pemilik Merek Selis Melantai di Bursa

Bidik Rp 62,5 M, Pemilik Merek Selis Melantai di Bursa
Skutik listrik Selis - dok.Istimewa

Jakarta, Motoris – PT Gaya Abadi Sempurna, pemilik merek Selis tidak lama lagi akan mencatatkan namanya di Bursa Efek Indonesia (BEI). Perseroan berencana melepas 500 juta lembar saham dengan harga penawaran di kisaran Rp100 hingga Rp125 per saham.

Jika rencana berjalan lancar, maka perusahaan bakal mengantongi dana segar hingga Rp62,5 miliar. Perolehan dana tersebut akan digunakan untuk pinjaman kepada anak usaha, pembelian bahan baku dan juga membayar utang perusahaan.

Peraturan Presiden (Perpres) No 55 tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle) untuk Transportasi Jalan bakal menjadi katalis positif bagi kelangsungan bisnis perusahaan.

Apalagi diketahui bisnis utama perusahaan merupakan penyedia kendaraan ramah lingkungan yang berbasis listrik dan juga perdagangan alat elektronik. Beberapa produk andalan perusahaan adalah sepeda listrik, sepeda motor listrik, bajaj listrik, kursi loda listrik, golf car listrik dan beberapa produk lainnya.

Salah satu varian produk Selis – dok.Istimewa

Direktur Utama Gaya Abadi Sempurna Hanafiah Kwanto mengatakan melalui Perpres yang baru saja diterbitkan itu memperlihatkan besarnya potensi bisnis dari kendaraan listrik. “Untuk bisnis perdagangan komponen elektronik juga masih terbuka lebar,” katanya.

Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) juga pernah memprediksi, pada tahun 2035 mendatang bakal ada 5,7 juta kendaraan listrik di Indonesia. Jumlah itu terdiri dari 1,2 juta kendaraan listrik roda empat dan sisanya bakal diisi oleh kendaraan listrik roda empat.

Sebagai catatan dalam hajatan perdananya ini, perusahaan menunjuk PT Investindo Nusantara Sekuritas sebagai Penjamin Pelaksana Emisi Efek.

Direktur Investment Banking Investindo Nusantara Sekuritas, Anshy Sutisna mengatakan, kisaran harga penawaran awal sekitar Rp100-Rp125 per saham mencerminkan price earning ratio (PER) pada level 7,5-9,3 kali pada 2019.

Menurutnya, harga penawaran awal saham Gaya Abadi Sempurna menarik karena di bawah rata-rata PER industri komponen elektronik sebesar 40 kali dan sektor aneka industri sebesar 16 kali.

Sepeda listrik Selis – dok.Istimewa

“Sehingga ini sangat menarik,” kata Anshy saat Due Diligence Meeting dan Public Expose Penawaran Umum Perdana Saham Gaya Abadi Sempurna.

Dia menambahkan, masa penawaran awal saham perdana Gaya Abadi Sempurna dilakukan pada 11-16 September 2019. Adapun, perkiraan tanggal efektif pada 26 September 2019.

Sementara itu, perkiraan masa penawaran umum pada 30 September-1 Oktober 2019. Selanjutnya, perusahaan direncanakan melakukan pencatatan saham pada BEI pada 7 Oktober 2019.

Untuk IPO ini, perseroan menggunakan laporan keuangan per April 2019 sebagai dasar valuasi. (Gen)

 

CATEGORIES
TAGS
Share This