Berproduksi di RI, Hyundai Dinilai Paling Siap Ekspor ke Australia

Berproduksi di RI, Hyundai Dinilai Paling Siap Ekspor ke Australia
Hyundai Kona listrik - dok.Istimewa

Jakarta, Motoris – Pemerintah terus mendorong pabrikan yang beroperasi di Indonesia untuk terus menggenjot ekspor ke Australia yang pasar mobilnya mencapai 1,1 juta unit lebih dari impor. Hyundai yang berkomitmen investasi di Indonesia dan akan memulai produksi pada tahun 2021 nanti, dinilai paling siap mengisi pasar Negeri Kanguru itu.

Seperti diungkapkan Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan (ILMATAP) Kementerian Perindustrian, Putu Juli Ardika, harapan agar semua produsen mobil yang ada di Tanah Air untuk menggarap pasar Australia telah disampaikan Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto.

“Ini seperti harapan Pak Menteri (Airlangga) dan sudah diperbincangkan (dengan industri). Termasuk dengan Wuling, yang sudah mengekspor (SUV Almaz ke Thailand, dalam wujud Chevrolet) Captiva,” tutur dia saat ditemui usai pembukaan Indonesia Modification Expo 2019, di Balai Kartini, Jakarta, Sabtu (28/9/2019).

Pertimbangan meminta Wuling, karena di dalam tubuh perusahaan Wuling – yakni SGMW – juga terdapat General Motors (yang sahamnya 34%). Selain itu, di Australia nama General Motors (Chevrolet) juga sudah mendapat tempat di masyarakat (dengan nama Holden).

Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan (ILMATAP) Kemenperin, Putu Juli Ardika – dok.Motoris

GM juga sudah memiliki jaringan yang tertata dan berjalan dengan baik di negara tersebut. Alhasil, jika Wuling – dengan produk yang Chevrolet itu – masuk ke Australia, maka mempunyai potensi besar. “Wuling meminta waktu karena harus berkonsultasi dengan prinsipalnya,” ucap Putu.

Namun, ada merek lain yang disebut Putu mempunyai potensi besar untuk ekspor ke Australia. Selain memiliki prduk yang pas, merek ini juga memiliki “tempat” di hati masyarakat Australia. Jaringan penjualan dan distribusinya pun sudah lama tertata dengan baik.

Hanya sayang, Putu tak menyebutkan secara gamblang merek itu. Meski begitu dia memberikan kisi-kisi, bahwa merek ini sudah berinvestasi di Indonesia dan berkomitmen menjadikan 50% produknya untuk ekspor.

Ilusrasi, delegasi Hyundai Group bertemu Presiden Joko Wido di Istana Presiden Jakarta, 25 Juli 2019 – dok.Setkab

Kisi ini jelas mengarah ke Hyundai Motors Company yang beberapa waktu sebelunya disebut Menteri Airlangga telah menyatakan komitmen untuk berinvestasi di Indonesia dan menjadikan negeri ini sebagai basis produksi ekspor – untuk mobil konvensional maupun terelektrifikasi – dari 50% produk yang dihasilkan.

“Tetapi, ke depan akan ada investasi baru yang sudah berkomitmen untuk mengekspor hingga 50% dari total produksinya. Bahkan, mereka langsung masuk ke electrified vehicle (EV). Itulah yang paling siap,” ujar Putu memberi kisi-kisi.

Konsep Low MPV Hyundai Hexa Space diperkenalkan di India – dok.Indian Drives

Hyundai Kona dan Ioniq Listrik
Sebelum masuk ke ruang wawancara atau sesaat setelah mendampingi Menteri Airlangga dan Dirjen ILMATE Harjanto berkeliling booth peserta IMX 2019, kepada Motoris Putu mengatakan, Hyundai sudah memastikan rencana produksinya mulai tahun 2021.

“Sudah memastikan produksi mulai tahun 2021. Sekarang semua proses perizinan investasi sudah beres. Tinggal ground breaking pabrik, setelah itu produksi. Ya satu tahun lah (proses pembangunan pabrik) setelah itu produksi (tahun 2021),” kata dia.

Selain membuat mobil pembakaran internal atau mobil konvensional – yang disebut-sebut kemungkinan besar Low MPV yang berbasis konsep Hexa Space – juga ada crossover Hyundai listrik dan liftback Ioniq. Tetapi, Putu Juli Ardika menolak berkomentar saat disebutkan nama-nama itu. “Modelnya saya enggak tahu, tapi ada (mobil) electrified vehicle,” ucapnya singkat.

Hyundai Ioniq 2019 – dok.The Car Connection

Hyundai Ioniq di Korea Selatan diproduksi dalam rupa sedan listrik. Mobil ini menjadi pesaing berat Toyota Prius. Selain full electric atau berbasis baterai, juga ada pilihan plug-in hybrid dan hybrid di jajaran Ioniq. (Ara)

 

CATEGORIES
TAGS
Share This