Gandeng Hyundai, Kia Bakal Luncurkan Picanto Listrik

Gandeng Hyundai, Kia Bakal Luncurkan Picanto Listrik
Ilustrasi, All New Picanto - dok.Automotivenews

Frankfurt, Motoris – Kemajuan teknologi memungkinkan para produsen otomotif dunia berlomba mengembangkan mobil dengan tenaga penggerak listrik. Hal itu dilakukan tidak lain untuk menekan emisi gas buang yang memberi dampak negatif terhadap lingkungan, sekaligus mengantisipasi sumber daya minyak yang semakin menipis untuk memproduksi BBM.

Sejalan dengan kian ketatnya peraturan akan standar emisi di Uni Eropa, Kia pun merespons hal tersebut dengan mempertimbangkan kehadiran Picanto versi listrik ke jalanan.

Dikutip dari Autimotive News Europe, untuk mewujudkan Picanto versi listrik tersebut, brand otomotif asal Korea Selatan ini tengah mencari cara untuk menekan biaya produksi. Dengan begitu, Picanto listrik nantinya dapat dipasarkan dengan harga yang terjangkau.

Menurut Chief Operating Officer (COO) Kia Motor Europe, Emilio Herrera, menghadirkan varian Picanto yang ditenagai oleh baterai adalah sebuah tantangan yang besar. Kendati demikian, pabrikan tidak akan mengelak untuk menghadapi tantangan tersebut.

Interior All New Picanto – dok.Automotivenews

“Cepat atau lambat kita harus melakukannya,” ujar Herrera.

Gandeng Hyundai
Untuk dapat melahirkan Picanto bertenaga listrik atau electric vehicle (EV), Herrera menjelaskan bahwa pihaknya perlu mengurangi biaya produksi mobil tersebut menjadi 16 ribu hingga 17 ribu Euro. Kia akan berkolaborasi dengan Hyundai guna mewujudkan hal tersebut.

Meskipun belum ada tanggal pasti kapan Picanto listrik ini akan diproduksi, Kia memastikan bahwa memproduksi mobil listrik adalah salah satu perencanaan yang bakal mereka wujudkan. Sebab, mobil berukuran kecil dengan tenaga listrik memiliki posisi yang penting di pasar Eropa.

“Di negara seperti Italia, mereka (mobil kecil) mencatatkan angka 50% di pasar. Jadi, saya kira kami harus punya minicar bertenaga listrik,” ucap Herrera.

Ilustrasi bagasi All New Picanto – dok.Automotivenews

Jika terwujud, Picanto bukanlah mobil pertama pabrikan Kia yang ditenagai listrik. Sebelumnya, pasar mobil listrik di Eropa sudah dijajal oleh pabrikan asal Korea Selatan tersebut lewat Kia Soul dan Niro.

Kia menargetkan penjualan dua mobil listriknya itu mencapai angka 20 ribu pada tahun ini. Adapun tahun depan, target itu bakal dinaikkan menjadi dua kali lipat. (Gen)

CATEGORIES
TAGS
Share This