Didongkrak Model 3, Penjualan Mobil Listrik Tesla Terbanyak di Dunia

Didongkrak Model 3, Penjualan Mobil Listrik Tesla Terbanyak di Dunia
Tesla Model 3 - dok.Istimewa

California, Motoris – Sepanjang Januari hingga Septemer lalu, pabrikan mobil listrik asal Palo Alto, California, Amerika Serikat – Tesla Inc – telah mendistribusikan mobil bersumber tenaga dari arus setrum buatannya sebanyak 255.000 unit. Dengan penjualan sebanyak ini, pabrikan yang berdiri sejak Juli 2003 ini menjadi penjual mobil listrik terbanyak di dunia.

Seperti dilaporkan laman The Verge dan Electrive Inside, Kamis (3/10/2019), kencangnya penjualan perusahaan besutan Elon Musk, Martin Eberhard dan kawan-kawan itu disokong oleh kehadiran Tesla Model 3. Ini terbukti, penjualan Tesla masih biasa-biasa saja, namun mencuat setelah Model 3 hadir.

Peran Tesla Model 3 begitu terasa di saat kuartal ketiga. Pada periode ini, dari total penjualan yang sebanyak 97.000 unit, 79.600 di antaranya merupakan Model 3.  “Penjualan sepanjang kuartal ketiga ini merupakan rekor baru,” bunyi pernyataan pabrikan.

Faktanya, angka tersebut memang jauh lebih bagus dibanding kuartal sebelumnya. Data internal pabrikan menunjukan, di rentang tiga bulan kedua (April – Juni) itu penjualan Tesla masih sebanyak 95.356 unit.

Tesla Model 3 – dok.Tesla

Tesla Model 3 merupakan model dengan banderol paling murah di antara poduk-produk Tesla lainnya. Harganya, hanya US$ 30.315 atau sekitar Rp 430 jutaan.

Mobil ini terus digelontorkan Tesla, tidak hanya di Amerika tetapi juga di Eropa maupun Asia. Di kawasan Asia – terutama Cina – model ini cukup laris. Sedangkan di Indonesia awal September lalu diluncurkan secara resmi oleh importir umum mobil mewah Prestige Image Motorcars.

“Respon konsuen Indonesia terhadap Tesla Model 3 ini luar biasa. Antusiasme begitu besar, karena memang Tesla Model 3 ini gaungnya di dunia begitu kencang. Kami sendiri mulai memasarkan Tesla di Indonesia sejak 2015 lalu, tetapi yang paling kencang gaungnya ya Tesla Model 3 ini,” tutur Presiden Direktur Prestige Image Motorcars, Rudy Salim, saat dihubungi, Kamis (3/10/2019).

Sedan listrik Tesla Model 3 – dok.Reuters

Di Tanah Air, mobil ini dibanderol dengan kisaran di atas Rp 1,5 miliar off the road. Ada tiga tiga varian yang ditawarkan. Ketiganya adalah Standard Range Plus, Long Range, dan Performance. (Fan/Ara)

 

CATEGORIES
TAGS
Share This