Enam Bulan 8,4 Juta Motor Terjual di Asean, RI Tertinggi

Enam Bulan 8,4 Juta Motor Terjual di Asean, RI Tertinggi
Ilustrasi, Honda ADV150, salah satu sepeda motor Honda yang dipasarkan di Indonesia - dok.Motoris

Jakarta, Motoris – Sepanjang enam bulan pertama tahun ini atau semester pertama, penjualan sepeda motor di kawasan Asia Tenggara mencapai 8,4 juta unit. Jumlah penjualan ini tumbuh 3,3% dibanding rentang waktu yang sama tahun lalu.

Data yang direkam Asean Automotive Federation yang dilaporkan laman Motorcycles Data, belum lama ini menunjukan, Indonesia masih tercatat sebagai pasar sepeda motor tersebut. Setidaknya hingga saat ini.

“Pasar Indonesia masih di urutan teratas, dengan pertumbuhan signifikan yakni 7,3%,” bunyi keterangan yang menyertai data yang disajikan laman tersebut.

Pada saat yang sama, Vietnam dan Thailand yang merupakan pasar terbesar kedua dan ketiga di wilayah regional ini, membukukan penurunan penjualan 5,35 dan 4,3%. Filipina yang tercatat sebagai pasar terbesar keempat mencatatkan pertumbuhan penjualan hingga 8,1%.

Ilustrasi, skutik Suzuki NEX II Cross diluncurkan – dok.Istimewa

Tetapi pertumbuhan penjualan yang sangat signifikan dibukukan oleh pasar sepeda motor Malaysia dan Singapura. Masing-masing mencatatkan pertumbuhan penjualan 20% dan 63,1%.

Federasi industri itu juga menunjukan, di tahun lalu penjualan “kuda besi” di area regional Asean mencapai 14.024.965 uit atau tumbuh 4,5% dibanding tahun sebelumnya. Jumlah itu juga setara dengan 31% dari total penjualan dunia.

Indonesia menjadi penyumbang penjualan terbanyak di kawasan dengan total 6,4 juta unit. Setelah itu, Vietnam dengan penjualan 3,4 juta unit, Thailand 1,78 juta unit, dan Filipina 1,6 juta unit. Sedangkan Malaysia di urutan berikutnya dengan penjualan sebanyak 471.782 unit. (Ara)

 

CATEGORIES
TAGS
Share This