Xpander akan Diproduksi di Vietnam, Mitsubishi RI Disebut Ekspor CKD

Xpander akan Diproduksi di Vietnam, Mitsubishi RI Disebut Ekspor CKD
Ilustrasi, Mitsubishi Xpander Limited disuguhkan di IIMS 2019 - dok.Motoris

Jakarta, Motoris – Mitsubishi Motors Corporation (MMC) mengumumkan akan memproduksi Low MPV Mitsubishi Xpander – yang diimpor dari Indonesia sejak Oktober 2018 lalu – di Vietnam mulai 2020 nanti. Namun, sumber resmi di pemerintahan menyebut Xpander itu tetap akan diimpor dari Indonesia, hanya berbeda wujud yakni dalam rupa Completely Knocked Down (CKD).

Kendati begitu, pemerintah masih akan mengonfirmasi kepastian dari MMC maupun Mitsubishi Motors Indonesia terkait informasi tersebut. “Sedang kami konfirmasikan untuk mendapat jawaban yang sebenarnya. Karena informasi yang saya terima (ekspor) Xpander ke Vietnam akan diubah dari yang semula utuh (Completely Build Up/CBU) menjadi CKD,” ungkap Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan (ILMATAP) Kementerian Perindustrian, Putu Juli Ardika, kepada Motoris, di Jakarta, Selasa (8/10/2019).

Xpander, lanjut dia, akan dirakit di pabrik Mitsubishi Vietnam untuk memenuhi kebutuhan pasar setempat. Artinya, kendaraan tersebut untuk konsumsi dalam negeri Vietnam dan bukan diekspor lagi.

Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan (ILMATAP) Kemenperin, Putu Juli Ardika – dok.Motoris

Putu menampik dugaan bahwa perakitan di Vietnam itu didasari penilaian produksi di Indonesia kurang kompetitif, sehingga memicu harga yang lebih mahal. “Bukan karena faktor itu (penilaian bahwa Indonesia tidak kompetitif dalam investasi sehingga menjadikan produk tidak bersaing). Tetapi, karena alasan itu tadi (Mitsubishi Vietnam ingin merakit sediri),” tandas dia.

Meski begitu, Putu tak memungkiri dengan berubahnya wujud produk yang diekspor yang semula CBU menjadi CKD tentu ada penyusutan nilai tambah yang didapat Mitsubishi Motors Indonesia. Hanya, seberapa besar penciutan nilai itu, dia hanya menjawab diplomatis.

“Perakitan memang ada value added-nya (nilai tambahnya). Tetapi itu tidak besar,” kata dia.

Pertanyaan seputar kepastian apakah ekspor Xpander dari Indonesia akan dihentikan atau ada opsi lain. Serta, apa kompensasi yang bakal diberikan oleh MMC kepada Mitsubishi Indonesia terkait kebijakan itu, yang dikirim Motoris ke Mitsubishi Indonesia, sejak 30 September lalu hingga kini belum terjawab.

Mitsubishi Xpander di ajang IIMS 2019 – dok.Motoris

Informasi tentang rencana MMC untuk memproduksi Xpander di Vietnam melalui Mitsubishi Motors Vietnam Co.,Ltd (MMV) diungkapkan langsung oleh Chairman MMC Osamu Masuko. Seperti dilansir laman resmi perusahaan, Senin (16/9/2019), Masuko menyebut proses produksi itu akan dimulai tahun 2020 berbarengan dengan perayaan 25 tahun ke kehadiran Mitsubishi di Negeri Paman Ho tersebut.

“Kami akan memulai upaya baru ini di Vietnam, yaitu memproduksi mobil berkualitas tinggi dan memuaskan lebih banyak konsumen di Vietnam,” kata dia. (Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This