Siasati Kondisi, TMMIN Konversi Fortuner Jadi Mobil Polisi

Siasati Kondisi, TMMIN Konversi Fortuner Jadi Mobil Polisi
Toyota Fortuner yang dikonversi menjadi mobil patroli polisi ditawarkan TMMIN ke negara-negara di kawasan Timur Tengah - dok.Motoris

Tangerang, Motoris – Meski sampai September lalu, volume ekspornya masih naik 3% dibanding Januari – September 2018 (yakni dari 154.6000 unit menjadi 158.700 unit), namun PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) mengaku menghadapi tantangan berat karena kondisi ekonomi negara-negara tujuan ekspor tengah lesu. Untuk menjaga kinerja ekspor, TMMIN melakukan inovasi dengan cara menyuguhkan mobil konversi untuk berbagai keperluan.

Seperti diungkap Presiden Direktur TMMIN, Warih Andang Tjahjono, produk mobil konversi itu ditawarkan karena kendaraan tersebut menjadi kebutuhan dasar bagi negara. Bukan konsusi masyarakat, yang barangkali menahan diri untuk berkonsumsi akibat kondisi ekonomi.

“Tadi di dalam (saat pembukaan Indonesia Trade Expo (ITE) 2019 yang dibuka Presiden Joko Widodo di ICE, Serpong) kita bicara, Asia kayak Vietnam dan Filipina itu (kondisi ekonominya) melemah. Yang kedua (negara-negara di kawasan) Midle East (Timur Tengah, yang merupakan negara tujuan ekspor Toyota selama ini) seperti Saudi Arabia, juga flat (pertumbuhan ekonominya datar alias tidak bertumbuh) perekonomiannya. Makanya kita tawarkan produk konversi,” papar Warih saat ditemui usai penyerahan penghargaan Primaniyarta kepada TMMIN yang dilangsungkan di hajatan ITE, di ICE, Serpong, Tangerang, Rabu (16/10/2019).

Presiden Direktur TMMIN Warih Andang Tjahjono bersama Direktur Administrasi, Korporasi dan Hubungan Eksternal TMMIN Bob Azam – dok.Motoris

Produk konversi adalah mobil konvensional yang diubah atau dikonversi menjadi mobil untuk keperluan khusus. Dalam hal ini, TMMIN mengubah SUV Toyota Fortuner menjadi mobil patroli polisi.

“Sekarang kita tawarkan prototipenya untuk negara-negara di Midle East (Timur Tengah). Dan mobil operasional keliling bank, untuk layanan petty cash ke Vietnam. Jadi produknya (konvensional) diubah sesuai berbagai fungsi (dan kebutuhan),” kata Warih.

Jajaki Bahrain
Deputy GM Product Business Management Division TMMIN Erwin Simanjuntak yang ditemui di booth Toyota pada ITE 2019 mengatakan, saat ini negara yang sudah ditawari adalah Bahrain. “Kita sedang penjajakan ada permintaan dari Timur Tengah yakni dari Bahrain, kita sedang jajaki spesifikasinya, mudah-mudahan kita bisa ekspor,” kata dia.

Fortuner yang dikonversi menjadi mobil patrol polisi ini bermesin 3.0 liter. Mobil itu mendapatkan 11 komponen tambahan mulai dari light bar and sirine, stiker patroli keamanan, recovery kit, radio communication, antena, partisi antara kabin pengemudi dengan bagian belakang, kamera dan DVR, monitor, P3K, hingga lampu tembak.

Prototipe Toyota Fortuner untuk mobil patroli polisi yang ditawarkan TMMIN ke negara-negara di kawasan Timur Tengah – dok.Motoris

Soal lesunya perekonomian dunia saat ini telah diungkapkan Dana Meneter Internasional (IMF). Melalui rilisnya, Selasa (15/10/2019), lembaga itu menyatakan ekonomi global saat ini berada dalam kondisi penurunan dan diprediksi akan bergerak pada laju yang paling lambat sejak krisis keuangan 2007 lalu.

IMF memangkas proyeksi pertumbuhan ekonomi global tahun ini menjadi 3%. Sedangkan pertumbuhan ekonomi tahun 2020, diperkirakan hanya berada di level 3,4%. (Ara)

 

 

CATEGORIES
TAGS
Share This