Total Ekspor Motor Susut, Honda Malah Naik Berkat BeAT

Total Ekspor Motor Susut, Honda Malah Naik Berkat BeAT
Ilustrasi, proses produksi Honda BeAT di pabrik PT Astra Honda Motor - dok.AHM

Jakarta, Motoris – Data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) mencatat di sepanjang September lalu ekspor sepeda motor Completely Built Up (CBU) yang dilakukan semua merek sebanyak 79.798 unit atau menyusut dibanding bulan sebelumnya yang mencapai 81.497 unit. Ekspor motor Honda yang dilakukan PT Astra Honda Motor (AHM)  di bulan itu menyumbang 42% atau sebanyak 33.974 unit.

Artinya, berkebalikan dengan kinerja ekspor motor CBU secara nasional, performa ekspor Honda justeru kiclong. Fakta berbicara, selama Agustus,  kontribusi Honda sebesar 37% dari total ekspor yang mencapai 79.798 unit atau 30.342 unit.

General Manager Overseas Business Division PT AHM, Kurniawati Slamet mengatakan, naiknya kontribusi Honda terhadap ekspor di bulan September itu tak lepas dari naiknya ekspor model skutik, khususnya Honda BeAT.

“Honda BeAT menjadi pilihan favorit pecinta sepeda motor skutik di pasar ASEAN seiring dengan pertumbuhan ekspor model ini yang melonjak 43% pada bulan September 2019, sebanyak 14.256 unit,” papar dia dalam keterangan tertulis, Minggu (20/10/2019).

New Honda BeAT Street eSP – dok.AHM

Dominannya Honda BeAT di kegiatan ekspor Honda sepanjang September ini menggantikan saudaranya, Honda Vario yang di bulan sebelumnya tercatat paling banyak di ekspor. Pada saat itu, pengiriman Honda Vario series ke luar negeri mencapai 15.792 unit.

Data AISI yang dirilis PT AHM beberapa waktu lalu menyebut, selama Agustus total ekspor motpr CBU tercatat sebanyak 81.497 unit. Dari jumlah tersebut, 37% atau 30.342 unit merupakan motor Honda.

Secara kumulatif – AHM mengklaim – dalam rentang waktu Januari hingga September kemarin, ekspor motor CBU yang dilakukannya telah mencapai 214.396 unit. Pada saat yang sama, ekspor dalam sepeda motor dalam bentuk terurai (CKD/Completely Knocked Down) mencapai 223.300 set.

Ilustrasi, Honda Vario yang tengah diproduksi – dok.AHM

“Ekspor unit motor dalam bentuk CBU tersebut didistribusikan ke beberapa negara seperti Filipina dan Bangladesh. Sementara itu, ekspor motor Honda secara CKD memiliki beberapa negara tujuan yaitu Jepang, Thailand, Vietnam, Malaysia dan Kamboja,” kata Kurniawati Slamet. (Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This