Kinto, “Punya dan Pakai” Mobil Toyota Tanpa Harus Memiliki

Kinto, “Punya dan Pakai” Mobil Toyota Tanpa Harus Memiliki
Ilustrasi, pengunjung IIMS 2019 menperhatikan detil C-HR Hybrid - dok.Motoris

Jakarta, Motoris – PT Toyota-Astra Motor (TAM) meluncurkan layanan baru bernama Kinto, yakni layanan kepada konsuen untuk menggunakan mobil secara eksklusif – serasa “mempunyai mobil” – namun tak perlu memilikinya. Layanan ini disebut sebagai solusi atas perkembangan gaya hidup masyarakat dalam bertransportasi yang lebih berorientasi penggunaan ketimbang memilikinya.

Seperti diungkapkan Executive General Manager TAM, Fransiscus Soerjopranoto, dengan konsep layanan ini, masyarakat juga dimudahkan karena tak perlu pusing-pusing memikirkan harus menjual mobilnya ketika akan berganti yang baru. Terlebih orientasi penggunaan ketimbang memiliki, kini banyak dianut oleh kalangan milenial yang merupakan kelompok penduduk terbanyak di negeri ini.

“Konsep hidup masyarakat terus berkembang. Kalau dulu berorientasi kepada kepemilikan, sekarang orientasinya juga berkembang ke arah penggunaan. Trend-nya saat ini, terutama generasi millennial. Bagi mereka, yang penting itu bisa menikmati atau menggunakan,” papar Soerjo dalam keterangan resmi, Jumat (25/10/2019).

Dengan menggunakan layanan Kinto, kata Soerjo, konsumen dapat menggunakan sebuah kendaraan secara eksklusif selama tiga tahun dengan membayar setiap bulan secara tetap (fixed) . Setelah menyelesaikan masa yang disepakati, pengguna dapat bebas menyudahi kontrak atau mengganti dengan kendaraan yang baru.

Toyota Kijang Innova – dok.Motoris

Layanan ini disokong PT Toyota Astra Finance (TAF) dan beroperasi sejak 1 Oktober lalu di di kawasan Jakarta-Bogor-Depok-Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek). Namun, untuk saat ini, Kinto masih beroperasi dalam metode offline hingga Desember 2019.

Calon konsumen yang tertarik, dapat mengunjungi website toyota.astra.co.id untuk mendapatkan informasi pengajuan layanan Kino. Mereka bisa langsung datang ke outlet resmi Toyota.

Toyota Drive
Namun, bagi mereka yang tetap ingin memiliki mobil, Toyota juga menawarkan program bernama Toyota Drive. Beragam kemudahan untuk mengatasi adanya kekhawatiran terhadap nilai kendaraan lama, sebelum berganti atau meng-upgrade mobil diberikan solusi di program ini.

Pasalnya, sebut Soerjo, konsumen akan mendapatkan jaminan harga jual kembali oleh diler. Toyota langsung memberikan jaminan ketika pembelian di awal, dan dibantu untuk proses kepemilikan selanjutnya.

Program itu merupakan modifikasi dari kredit ballon. Namun, di Toyota Drive, pembayaran cicilan bulanan lebih rendah dari metode konvensional.

Ilustrasi,masyarakat yang bekunjung ke pameran otomotif untuk meburu mobil idaman – dok.Motoris

Umumnya, pada kredit ballon para konsumen menutupi pembayaran cicilan kredit di akhir dengan menjual kendaraaan lama, tetapi dengan resale value yang tidak jelas. Bahkan, kepastian mendapat kendaraan baru juga masih belum pasti. Namun, di program ini, hal seperti itu tak terjadi.

Program Toyota Drive saat ini dapat dinikmati di wilayah Jabodetabek dan Makassar. “Penting bagi kami untuk bisa memenuhi tuntutan zaman tanpa mengurangi fungsi dasar mobilitas itu sendiri. Layanan-layanan ini dihadirkan sebagai solusi bagi pelanggan yang mengedepankan kepraktisan dalam memenuhi kebutuhan alat transportas,” kata Marketing Director, Anton Jimmi Suwandy. (Ara)

Ilustrasi calon pelanggan Toyota tengah bertransaksi – dok.Istimewa

CATEGORIES
TAGS
Share This