Daihatsu Recall 36 Ribu Lebih Gran Max dan Luxio

Daihatsu Recall 36 Ribu Lebih Gran Max dan Luxio
Daihatsu Gran Max 1.5 tahun 2019 - dok.Istimewa

Jakarta, Motoris – PT Astra Daihatsu Motor (ADM) menarik (recall) 36.915 mobil – yang terdiri dari Daihatsu Gran Max 1.5L dan Luxio yang diproduksi Maret 2018 hingga April 2019 – untuk diperbaiki. Pasalnya, setang seher keduanya rentan patah.

Disebutkan, unit yang ditarik termasuk model yang diekspor ke Jepang dengan logo Toyota. Rinciannya, Gran Max 1.5 sebanyak 32 ribu unit, Luxio 4.000 unit, dan lainnya unit yang diekspor.

Sebelumnya telah ada lima mobil dari dua model itu yang dilaporkan mengalami masalah tersebut. Mesin mobil tiba-tiba mati di saat mobil dikendarai. Kasus lainnya yang dilaporkan, dari area mesin muncul suara-suara yang tak semestinya.

“Walaupun yang bermasalah masih sedikit, tapi kami memutuskan untuk melakukan recall,” tutur Head Product Improvement ADM Bambang Supriyadi di Jakarta, Jumat (1/11/2019).

Service Parts Division Head PT ADM Anjar Rosjadi mengatakan, permasalahan itu ditemukan di rentang waktu Maret – September lalu. “Kami menemukan masalah mesin mobil tiba-tiba mati, mobil berhenti. Kemudian dilakukan investigasi, hasilnya menunjukan ada connecting rod (setang seher) yang patah,” kata dia.

Ilustrasi, Daihatsu Luxio 2019 – dok.Istimewa

PT ADM menyarankan agar para pemilik kedua jenis mobil itu melakukan pengecekan apakah kendaraannya terasuk yang di-recall. Caranya, dengan menghubungi 1-500-898.

Direktur Marketing PT ADM, Amelia Tjandra menyebut proses penggantian komponen yang bermasalah itu membutuhkan waktu 14 jam. Proses tersebut diberikan secara gratis.

“Program ini merupakan wujud perhatian dan tanggung jawab kami dalam memastikan keamanan dan kenyamanan mobil, meskipun sudah menjadi milik pelanggan,” kata dia. (Hpn/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS