Pasar Lesu, Penjualan Pikap Suzuki dan Daihatsu Ambles

Pasar Lesu, Penjualan Pikap Suzuki dan Daihatsu Ambles
Pikap Daihatsu Gran Max - dok.Istimewa

Jakarta, Motoris – Sepanjang Januari  hingga September lalu penjualan kendaraan komersial pikap tercatat merosot hingga hampir 8%. Dua penguasa pasar yakni Suzuki dan Daihatsu mencatatkan amblesnya penjualan.

Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukan di rentang waktu sembilan pertama itu, total penjualan pikap sebanyak 97.330 unit atau ambles 7,82%. Dari jumlah itu, 32.708 unit diantaranya merupakan pikap merek Suzuki, yakni New Carry dan Mega Carry.

“Satu di antara produk kendaraan yang memiliki data penjualan bagus adalah dari sisi kendaraan komersial yaitu pikap Suzuki Carry. Pikap Suzuki berhasil menguasai 38,4% pangsa pasar,” kata Head of 4W Brand Development & Marketing Research PT Suzuki Indomobil Sales (PT SIS), di sela pembukaan Indonesia International Motor Show (IIMS) 209 Surabaya, Jumat (1/11/2019) lalu.

Pikap, kata Harold, menjadi penyumbang penjualan Suzuki terbanyak. Bahkan, penjualan dari pabrik ke diler (wholesales)  di sembilan bulan tahun ini, sekitar 52% lebih disumbang oleh pikap New Carry dan Mega Carry.

Pikap Suzuki New Carry -dok.Istimewa

Tetapi, data Gaikindo menunjukan, angka penjualan pikap Suzuki di kurun waktu itu ternyata ambles 9,14% dibanding periode sama tahun lalu. “Pasar (otomotif) secara umum kan kita ketahui juga mengalami penurunan. Beberapa sektor yang terkait dengan kendaraan komersial juga lesu, seperti sektor komoditas perkebunan dan pertanian,” kata Harold memberi alasan.

Penyusutan penjualan ini masih lebih bagus dibanding penjualan pikap Daihatsu Gran Max. Di periode itu, penjualan pikap Gran Max sebanyak 27.369 unit, atau ambles 11,59% dibanding tahun lalu.

Sementara, data internal PT ADM menunjukan penjualan ritel pikap Gran Max sepanjang tiga kuartal itu mencapai 25.865 unit atau 20,3% dari total penjualan ritel Daihatsu yang sebanyak 127.639 unit.

Penjualan pikap ini terbanyak kedua setelah LCGC Daihatsu Sigra. Pada periode tersebut MPV itu terjual sebanyak 37.241 unit atau 29,2% dari total penjualan merek Daihatsu. (Fik/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This