Laba Operasi Suzuki Motor Ambrol 32%

Laba Operasi Suzuki Motor Ambrol 32%
Logo Suzuki - dok.The News Wheel

Tokyo, Motoris – Laba operasi Suzuki Motor Corporation (Suzuki) sepanjang Juli – September atau kuartal kedua di tahun fiskal 2019/2020, tercatat senilai 55,9 miliar yen atau sekitar Rp 7,19 triliun. Nilai ini ambrol 32% dibanding periode sama tahun fiskal sebelumnya yang mencapai 82 miliar yen atau sekitar Rp 10,55 triliun.

Seperti dilaporkan Reuters, Selasa (5/11/2019), informasi ini terungkap dalam laporan keuangan yang disampaikan Suzuki di Jepang, Selasa (5/11/2019) waktu setempat. Pabrikan otomotif terbesar keempat di Jepang ini menyatakan, amblesnya laba operasi itu karena pabrikan memperbesar anggaran untuk inspeksi kualitas produk.

“Selain itu, adanya penurunan penjualan di India yang merupakan pasar terbesar,” tulis Reuters mengutip laporan tersebut.

Meski ambrol, namun perolehan laba operasional ini masih di atas perkiraan. Sebelumnya, sejumlah analis – yang dirangkum dalam data Refinitiv – rata-rata memperkirakan laba operasional hanya 44,87 miliar yen atau sekitar Rp 5,77 triliun.

Kantor Maruti Suzuki India – dok.Nikkei Asia Review

Bahkan, pada Oktober lalu, Suzuki memangkas prediksi laba operasi setahun penuh hampir 40% sehingga menjadi 200 miliar yen atau sekitar Rp 25,73 triliun. Besaran itu merupakan yang terendah dalam perolehan laba dalam empat tahun terakhir.

Alasan pemankasan laba ini karena meningkatnya biaya untuk kontrol kualitas mobil yang djual di pasar dalam negeri Jepang. Selain itu, semakin lambatnya penjualan di India. (Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This