Toyota Kongsi dengan BYD Bikin R&D Mobil Listrik

Toyota Kongsi dengan BYD Bikin R&D Mobil Listrik
Ilustrasi, mobil listrik BYD - dok.Reuters

Toyota, Motoris – Toyota Motor Corporation (Toyota) dan produsen mobil listrik asal Cina – BYD Co Ltd – Kamis (7/11/2019) kemarin mengumumkan akan mendirikan perusahaan patungan yang bergerak dalam bidang penelitian dan pengembangan (R&D) mobil listrik. Rencananya, perusahaan ini mulai beroperasi tahun 2020 nanti.

Seperti dilaporkan Reuters, Kamis (7/11/2019), dalam pernyataannya, Toyota mengatakan masing-masing pihak setuju untuk menyetor modal 50%. Hanya, tidak disebut nominal investasi yang mereka gelontorkan.

Langkah Toyota ini merupakan upaya mempercepat pencapaian target produksi mobil listrik murni alias mobil listrik berbasis baterai. Maklum, dibanding pabrikan lain – terutama asal Jepang seperti Nissan – Toyota lebih terlambat dalam pengembangan mobil listrik jenis ini.

Meski, dalam penjualan kendaraan hybrid merek ini terus melonjak. Lantaran itulah, kongsi itu ditujukan hanya untuk mengembangkan kendaraan listrik murni saja.

BYD berkongsi degan Toyota – dok.Reuters

Terlebih, Toyota telah memiliki rencana untuk menjual sedan mobil sport listrik murni yang akan dijajakan di Cina pada tahun 2025 nanti. Di Negeri Tirai Bambu itu, Toyota juga mengembangkan kendaraan berbahan bakar hidrogen dan berencana untuk meluncurkan bersama mitra lokalnya yakni Guangzhou Automobile Group (GAC) dan FAW Group.

Adapun BYD – yang sahamnya juga dimiliki investor kondang asal Amerika Serikat, Warren Buffett – bakal memperbanyak produksi mobil istrik berbasis baterai. Pabrikan yang bermarkas di Shenzen, ini juga dikenal sebagai salah satu pemain utama di pasar bus listrik, bahkan produknya telah diekspor ke berbagai negara.(Fan/Ara)

 

CATEGORIES
TAGS
Share This