Penjualan di Cina, Dongkrak Kinerja BMW Kuartal Tiga

Penjualan di Cina, Dongkrak Kinerja BMW Kuartal Tiga
BMW i8 saat dipmaerkn di Guangzhou Auto Show 2019 - dok.IC via China Daily

Berlin, Motoris – Tren penurunan penjualan yang dialami merek-merek mobil kondang dunia sepanjang triwulan ketiga (Januari – September) lalu, ternyata tak melanda Bayerische Motoren Werke (BMW) Group. Penjualan kelompok ini masih cukup mengkilap dengan kenaikan 3,6% dibanding periode sama tahun lalu.

Seperti dilaporkan Xinhua dan China Daily, Jumat (8/11/2019), dalam pernyataan resmi BMW AG menyatakan, penjualan di kuartal ketiga itu mencapai 613.000 unit. Penjualan ini dibukukan oleh mobil merek BMW, MINI, dan Rolls-Royce.

“(dari total penjualan ini) lebih dari 500.000 unit dikirimkan ke Cina. Jumlah itu meningkat 14% dibanding (periode yang sama) tahun lalu,” bunyi pernyataan pabrikan.

Seiring dengan naiknya penjualan ini, pendapatan pun terkerek naik hingga 9%. BMW grup mengantongi 23 miliar euro atau sekitar Rp 356,5 triliun di kurun waktu itu.

Ilustrasi, kantor BMW – dok.The Drive

Sedangkan laba operasional (EBIT) yang dibukukan meningkat 62,9 persen menjadi 1,5 miliar euro. “Dengan pendapatan yang diperoleh dalam sembilan bulan pertama tahun ini, kami berada di jalur yang tepat untuk mencapai target tahunan,” tutur CEO BMW, Oliver Zipse.

Sebelumnya, seperti dilaporkan Euronews dan Reuters, sepanjang kuartal kedua – April hingga Juni –  pendapatan BMW ambrol hingga 20%. Berdasarkan laporan kinerja perusahaan, diketahui penurunan tersebut terjadi karena adanya kenaikan biaya produksi, nilai tukar, serta biaya penyesuaian teknologi terkait dengan aturan batasan emisi.(Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This