Pasar Utama Loyo, Penjualan Suzuki Ambles 17,2%

Pasar Utama Loyo, Penjualan Suzuki Ambles 17,2%
Logo Suzuki - Car Logos Free

Tokyo, Motoris – Suzuki Motor Corporation (Suzuki) sepanjang kuartal kedua tahun fiskal 2019/2020 atau Juli – September kemarin mencatatkan penurunan penjualan sebesar 17,2%. Akibatnya, laba operasional pun mengkerut.

Seperti dilaporkan China Daily News dan Nikkei yang mengutip laporan keuangan perusahaan, Jumat (8/11/2019), sepanjang triwulan kedua itu penjualan Suzuki di dua pasar utama – India dan Jepang – ambrol. Penjualan di India ambrol 26,5% menjadi 675.000 unit saja.

Padahal, India selama ini dikenal sebagai penyumbang 50% dari total penjualan pabrikan berlambang huruf S tersebut. Sedangkan di Jepang yang merupakan kampung halamannya sekaligus pasar utama kedua, penjualan Suzuki hanya 33.300 unit atau susut 4,6%.

Namun, di Eropa Suuki masih mencatatkan pertumbuhan penjualan sebesar 7,3%. Di benua ini, penjualan pada Juli hingga September tercatat menyentuh angka 149.000 unit.

Ilustrasi, di Eropa penjualan Suzuki didongkrak oleh All New Suzuki Jimny – dok.globalsuzuki.com

Akibat susutnya penjualan ini, laba operasi yang dibukukan di rentang waktu itu hanya 55,9 miliar yen atau sekitar Rp 7,19 triliun. Nilai ini ambrol 32% dibanding periode sama tahun fiskal sebelumnya yang mencapai 82 miliar yen atau sekitar Rp 10,55 triliun.

Seperti dilaporkan Reuters, Selasa (5/11/2019), pada saat yang sama, pabrikan otomotif terbesar keempat di Jepang ini juga memperbesar anggaran untuk inspeksi kualitas produk. Namun, turunnya penjualan di pasar utama merupakan faktor utama penyebab amblesnya laba.

“Selain itu, adanya penurunan penjualan di India yang merupakan pasar terbesar,” tulis Reuters mengutip laporan tersebut. (Ara)

 

CATEGORIES
TAGS
Share This