Jelajah Indonesia, Toyota Aplikasikan Semangat Menghadirkan Mobil Terbaik

Jelajah Indonesia, Toyota Aplikasikan Semangat Menghadirkan Mobil Terbaik
Toyota 5 Continents Drive Indonesia - dok.TAM

Jakarta, Motoris – PT Toyota-Astra Motor (TAM) menyambut kedatangan rombongan principal Toyota Motor Corporation (TMC) yang tergabung dalam project Toyota 5 Continents Drive Asia 2019–2020 pada Selasa (12/11/2019). Mengusung semangat Genchi Genbutsu untuk “mengumpulkan fakta langsung dari sumbernya” proyek ini bertujuan akhir “Making Ever-better Cars Together for Today and Tomorrow”.

Perjalanan 5 Continents Drive di Indonesia akan menempuh jarak lebih dari 1.000 km dari Jakarta menuju ke Jawa Timur. “5 Continents Drive merupakan sebuah project implementasi dari salah satu pilar utama Toyota yaitu Genchi Genbutsu (mengumpulkan fakta langsung dari sumbernya), yang telah membangkitkan semangat karyawan Toyota untuk melakukan perjalanan ke 5 benua di dunia untuk mendapatkan pelajaran secara langsung dari berbagai kondisi jalan dan dari berbagai kebutuhan konsumen di berbagai belahan dunia, yang nantinya akan menjadi modal utama bagi Toyota dalam menghadirkan ever-better cars bagi pelanggan,” kata Presiden Direktur PT TAM, Yoshihiro Nakata, dalam siaran pers, Kamis (14/11/2019).

5 Continents Drive project dimulai pada tahun 2014 di benua Australia. Kemudian proyek ini berlanjut ke benua Amerika Utara pada 2015, Amerika Selatan pada 2016, Eropa pada 2017, Afrika pada 2018, hingga ke benua Asia yang dimulai dari Timur Tengah pada awal tahun 2019.

Prosesi penanda dimulainya Toyota 5 Continents Drive Indonesia – dok.TAM

Lima tahun sejak perjalanan ini dimulai, 5 Continents Drive project telah melalui jalanan di berbagai belahan dunia sepanjang 108.600 kilometer, menghabiskan waktu sebanyak 449 hari. Proyek itu melibatkan lebih dari 693 peserta yang merupakan karyawan Toyota dengan spesialisasi di area pabrik, engineering, dan technical.

Perjalanan ini mengutamakan semangat Genchi Genbutsu untuk melintasi secara langsung berbagai kondisi jalan dan memahami secara langsung berbagai kebutuhan konsumen. Hal ini tak hanya semakin memperkuat kapabilitas dan kompetensi karyawan Toyota untuk senantiasa menghadirkan ever-better cars, namun juga semakin mendukung Toyota yang sedang bertransformasi menjadi perusahaan mobilitas untuk memberikan solusi kepada kebutuhan konsumen terhadap mobilitas.

Vice President Director PT TAM, Henry Tanoto menyebut , semangat Genchi Genbutsu mempunyai peranan yang sangat penting bagi Toyota di Indonesia untuk dapat memahami dan memenuhi kebutuhan konsumen Indonesia terhadap mobilitas yang beragam dan unik. Oleh karena itu, kata dia, TAM berkomitmen untuk terus menguatkan implementasi semangat Genchi Genbutsu pada setiap pengembangan produk yang kami hadirkan.

Toyota 5 Continents Drive Indonesia mengaplikasikan semangat menghadirkan mobil terbaik – dok.TAM

Henry mencontohkan pada dua produk dengan semangat Genchi Genbutsu yang berhasil melekat di hati masyarakat Indonesia, yaitu Toyota Kijang dan Toyota Avanza. Spesifikasi Kijang maupun Avanza telah kami desain sedemikian rupa sesuai dengan berbagai kondisi jalan dan kebutuhan masyarakat Indonesia dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

“Kini Toyota Kijang telah menjadi sebuah mobil keluarga yang legendaris di Indonesia dan Toyota Avanza telah menjadi mobil keluarga paling laris di Indonesia dengan lebih dari 1,79 juta pengguna. Terima kasih kami ucapkan kepada pelanggan atas kepercayaan dan dukungan yang telah diberikan selama ini,” kata dia.

5 Continents Drive project di Indonesia melibatkan 31 perwakilan Toyota. Empat diantaranya merupakan karyawan Toyota Indonesia. Rombongan ini akan menempuh jarak sepanjang 1.000 kilometer dari Jakarta ke Jawa Timur dengan menggunakan 9 model line-ups produk unggulan di Indonesia, dimana 4 diantaranya berteknologi elektrifikasi.

Perjalanan peserta Toyota 5 Continents Drive Indonesia – dok.TAM

Dalam perjalanannya, tim 5 Continents Drive project akan merasakan secara langsung berbagai kondisi jalan di Indonesia dan sekaligus memahami secara langsung berbagai kebutuhan konsumen di Indonesia dengan melalui beberapa aktivitas bersama stakeholders Toyota, mulai dari konsumen, manufaktur, dristibutor, dealer, hingga komunitas.

“Untuk mendukung perjalanan 5 Continents Drive project di Indonesia, kami menggunakan 9 produk unggulan yang terdiri dari berbagai segmen, dimana 4 produk yang digunakan ialah produk berteknologi elektrifikasi yaitu Toyota C-HR HEV, Corolla HEV, Camry HEV, dan Prius PHEV. Kami harapkan perjalanan 5 Continents Drive project di Indonesia dapat memberikan banyak pelajaran berharga bagi Toyota untuk mewujudkan ever-better cars,” imbuh Henry. (Fan)

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS