Datsun Berhenti Produksi, Tak Ngaruh ke Denyut Industri RI

Datsun Berhenti Produksi, Tak Ngaruh ke Denyut Industri RI
Ilustrasi, All New Datsun GO-Live Special Version - dok.Motoris

Jakarta, Motoris – Nissan di Indonesia dipastikan bakal menghentikan produksi Datsun di Indonesia mulai Januari 2020 nanti. Namun, penyetopan produksi mobil merek itu dinilai tak memiliki pengaruh signifikan terhadap volume industri di dalam negeri yang terkait dengan proses produksi tersebut.

“Tidak. Tidak berpengaruh apa-apa, atau kalau pun ada, sangat kecil sekali,” tutur Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi dan Alat Pertahanan (ILMATAP) Kemenperin, Putu Juli Ardika, saat ditemui sebelum peresmian fasilitas quick charging mobil listrik milik Mitsubishi Motors Indonesia, di Jakarta, Selasa (26/11/2019).

Menurut Putu, hingga saat ini penjualan mobil-mobil Datsun – mulai dari Datsun GO, Go+, serta Datsun Cross – volumenya relatif kecil. Alhasil, volume produksi juga disesuaikan.

“Di LCGC (Datsun GO dan Go+) dia juga sedikit kan penjualannya? Begitu juga di city car (Datsun Cross). Dan informasi yang disampaikan, alasan penghentian itu sebagai bagian dari strategi global Nissan Motor (Company), ya mungkin restrukrisasi atau reformulasi strategi, dengan menghentikan produksi (di negara-negara) yang penjualannya kecil (sedikit),” papar Putu.

Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan (ILMATAP) Kemenperin, Putu Juli Ardika – dok.Motoris

Terlebih, lanjut dia, Nissan yang merupakan induk perusahaan Datsun masih berbisnis di Indonesia, dan pabrik tempat memproduksi Datsun masih digunakan untuk membuat mesin Low MPV Nissan New Livina. Bahkan, Nissan juga menyatakan akan fokus ke kendaraan listrik.

“Kalau memang benar-benar rencana itu diwujudkan. Karena, berapa pun nilainya tentu aka nada tambahan investasi terkait dengan keberadaan produk itu (mobil listrik, baik perakitan, fasilitas pengisian daya baterai dan lainnya). Ini tentu bagus buat industri kita,” ucap Putu.

Kedua, dengan masih hadirnya Nissan, tentu penyediaan suku cadang untuk mobil-mobil Datsun yang ada di masyarakat juga akan lebih terjamin ketersediaannya. Sebab, peraturan yang ada mewajibkan paling tidak hingga 10 tahun suku cadang itu harus disediakan oleh agen pemegang merek.

“Artinya, industri pemasok juga masih aktif minimal hingga masa itu (kewajiban hingga 10 tahun),” imbuh Putu.

Ilusrasi, All New Datsun GO-Live Special Version di IMX 2018 – dok.Motoris

Penjualan rontok
Faktanya, kinerja penjualan Datsun Indonesia memang tak cemerlang, tak lama setelah diluncurkan. Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukan, pada tahun pertama kehadirannya kembali di Indonesia pada tahun 2014, penjualan ke diler (wholesales) Datsun, memang oke, tercatat sebanyak 20.520 unit. Bahkan, tahun berikutnya menanjak hingga menapak jumlah 29.358 unit.

Namun, tren penurunan mulai terjadi di tahun 2016. Saat itu, wholesales Datsun susut menjadi 25.483 unit. Bahkan, di tahun berikutnya hanya terdistribusi sebanyak 10.484 unit.

Menciutnya wholesales masih terjadi pada tahun 2018, yakni menjadi 10.433 unit. Sedangkan di tahun 2019, di rentang Januari – September penjualan Datsun GO dan GO+ juga masih tertinggal dibanding para pesaing.

Datsun Go terjual hanya 2.344 unit, dan Datsun Go+ cuma1.213 unit. Datsun Cross, sejak Juli hingga September lalu sudah tidak mencatatkan laporan penjualan hingga. Sehingga, di rentang Januari hingga September, total jenderal penjualan ke diler (wholesales) yang dibukukan hanya 1.862 unit.

Datsun Cross – dok.Istimewa

Head of Communications PT Nissan Motor Indonesia, Hana Maharani yang dikonfirmasi Motoris terkait kabar tersebut, Kamis (21/11/2019) malam meski enggan mengomentari kabar rencana penyetopan produksi, namun menegaskan komitmen Nissan.

“Soal pertanyaan itu, kami tidak berkomentar ya Mas. Saya ingin menyampaikan bahwa Nissan tetap berkomitmen terhadap pasar dan konsumen di Indonesia. Itu saja, tanggapan dari kami mengenai hal tersebut,” papar Hana ( di artikel Jumat, 22 November 2019, “Sayonara Datsun Indonesia”). (Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This