Karena RI dan Thailand, Pasar Mobil ASEAN Susut Tahun Ini

Karena RI dan Thailand, Pasar Mobil ASEAN Susut Tahun Ini
Ilustrasi, SUV Mitsubishi Pajero Sport - dok.Motoris

Jakarta, Motoris – Lembaga riset dan market intelligent asal London, Inggris – LMC Automotive Limited – memperkirakan total penjualan mobil di seluruh negara-negara Asia Tenggara (ASEAN) sepanjang 2019, menciut. Bahkan di kuartal keempat atau Oktober – Desember penjualan mengkerut hingga 4%.

“Indonesia dan Thailand merupakan dua negara yang selama ini terbukti menjadi pasar terbesar penjualan mobil di kawasan. Oleh karena itu, pelambatan ekonomi di kedua negara yang membawa pengaruh ke penjualan mobil di kawasan,” bunyi laporan lembaga itu, belum lama ini.

Dalam laporan tersebut juga ditunjukan, sampai akhir tahun 2019 ini, Indonesia akan tertinggal Thailand setelah tahun lalu mengunggulinya dalam penjualan. Data ASEAN Automotive Federation (AAF) juga menunjukan menunjukan fakta yang sama.

Sepanjang semester pertama tahun ini, Thailand berhasil melego 523.770 unit mobil. Sedangkan pada saat yang sama, Indonesia baru menjual sebanyak 481.577 unit atau ambles sekitar 13,7% dibanding rentang waktu yang sama di tahun lalu.

Baca juga: Nilai Ekspor Motor RI Selama 2018, di Bawah Thailand

Ilustrasi, SUV Hyundai yakni Hyndai Santa Fe di GIIAS 2019 – dok.Motoris

Tahun keemasan
Tahun 2018 merupakan tahun keemasan penjualan mobil di ASEAN. Pada tahun itu tak kurang dari 3,6 juta mobil dilego berbagai merek yang beroperasi di 10 negara anggota perhimpunan bangsa-bangsa Asia Tenggara tersebut. Jumlah itu menanjak 6,65% dibanding tahun 2017.

Dari total penjualan sepanjang tahun 2018 itu, kontribusi Indonesia mencapai sekitar 1,2 juta unit. Jumlah itu setara dengan 32,32% dari total pejualan di kawasan regional pada tahun tersebut.

Angka penjualan mobil Indonesia pada tahun itu tercatat juga naik 6,65% dibanding tahun 2017 yang sebanyak 1,1 juta unit. Sementara pada tahun ini, Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) telah memangkas target penjualan dari 1,15 juta unit menjadi 1 juta unit.

Baca juga: Pasar SUV Kian Menjulang, Ditunjang Varian 7 Penumpang

Ilustrasi, salah satu produk Nissan di Indonesia, yakni Nissan New Livina saat dpamerkan di i hajatan GIIAS 2019 – dok.Motoris

“Tetapi, ada harapan bisa menyentuh 1,1 juta unit plus minus sedikit lah. Karena di bulan menjelang tutup tahun, agen pemegang merek juga menggelar berbagai program promo untuk menggenjot penjualan. Mudah-mudahan tercapai,” kata Ketua I Gaikindo, Jongkie Sugiarto, saat dihubungi akhir pekan lalu. (Fer/Ara)

 

CATEGORIES
TAGS
Share This