Menperin Optimistis, Indonesia Bisa Rakit Sepeda Motor Listrik

Menperin Optimistis, Indonesia Bisa Rakit Sepeda Motor Listrik
Ilustrasi,skuter lisrik (Skutrik) buatan anak negeri, Gesits - dok.Motoris

Jakarta, Motoris – Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita optimistis pasar sepeda motor di Indonesia masih bisa tumbuh. Bahkan, ke depan dipastikan banyak roda dua bertenaga listrik, dan diproduksi di dalam negeri.

Menurut Agus, melihat produsen motor dan teknologi yang dimiliki oleh pabrik dan juga daya beli masyarakat, dalam waktu beberapa tahun ke depan, Indonesia akan mampu merakit sepeda motor listrik.

“Kita harus bisa memproduksi sepeda motor listrik. Era atau zamannya akan ke sana di masa mendatang,” tutur Agus akhir pekan lalu, di kawasan Senayan, Jakarta.

Menurut Agus, pada tahun 2025 produksi motor di Indonesia akan mencapai 10 juta unit dari sekarang ini yang hanya 6,5 juta unit. Motor listrik, kata dia harus bisa berkontribusi sekitar 20 persen atau 2 juta unit dirakit di dalam negeri.

Baca juga: Gesits dan Honda Adu Cepat Bertarung di Pasar Motor Listrik

Menteri Perindustrian, Agus G. Kartasasmita melihat-lihat Honda PCX listrik di IIMS Motobike 2019 – dok.AHM

“Total 10 juta unit itu sudah termasuk motor biasa, motor listrik dan juga untuk ekspor,” ungkap Agus.

Target ini ungkap Agus harus tercapai sebelum 2030, sebab di tahun itu Indonesia akan menjadi pusat kendaraan listrik di kawasan ASEAN. Artinya, industri otomotif di Tanag Air ini akan terus berkembang.

“Mari kita sama-sama lakukan ke arah sana, dan saya lihat sekarang ini juga sudah banyak produsen yang mulai memamerkan dan menjual motor listrik di Indonesia,” imbuh dia. (Kpr)

CATEGORIES
TAGS
Share This