Januari – Oktober, Ekspor Hino Ambles 19%

Januari – Oktober, Ekspor Hino Ambles 19%
Ilustrasi, Truk Hino Dutro - dok.Motoris

Jakarta, Motoris – Sepanjang Januari hingga Oktober 2019, ekspor kendaraan bermotor roda empat atau lebih (secara utuh atau CBU) tercatat  275.364 unit atau naik 28,23%.

Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menyebut hampir seluruh pabrikan yang selama ini mengekspor kendaraan CBU membukukan kenaikan kecuali Hino yang ambles 19,2%.

Ekspor truk yang dilakukan PT Hino Motor Sales Indonesia (HMSI) selama ini menuju Vietnam, Filipina, serta Afrika Timur. Salah satu varian yang diekspor selama ini adalah truk ringan Hino Dutro.

Hanya, soal penyebab merosotnya ekspor itu, Direktur Penjualan dan Promosi HMSI Santiko Wardoyo enggan menjelaskannya. “Saya enggak hafal masing-masing negara tujuan, apa alasannya. Coba tanya ke Pak Hadi (salah satu orang HMSI) yang menangani ekspor Hino,” kata dia saat dihubungi Motoris, Kamis (5/12/2019).

Tetapi, Hadi ketika dihubungi mengaku belum mendapatkan izin dari pimpinan untuk berbicara ke media. “Mohon maaf, saya belum diizinkan oleh pimpinan untuk berbicara ke mdia. Nanti, data-data akan kami sampaikan ke atasan,” ujar dia saat dihubungi, Kamis (5/12/2019) malam.

Baca juga: Soal Ekspor Mobil, RI Masih Jauh dari Thailand

Ilustrasi, truk ringan Hino – dok.Motoris

Meski begitu, di sela acara kontes customer service dalam rangka kepuasaan pelanggan di kawasan Jatake, Tangerang, beberapa waktu sebelumnya, Santiko sempat mengatakan ekspor Hino selama Januari – Oktober mencapai 1.960 unit.

“Hino Dutro paling banyak dikirim ke Filipina dan Vietnam. Kontribusinya (ke ke ekspor) menapai 40%. Selain itu, ke Afrika Timur,” ucap dia.

Sal ekspor kendaraan CBU, Ketua I Gaikindo, Jongkie Sugiarto, mengaku optimistis total ekspor kendaraan CBU hingga akhir tahun ini bakal mencapai target. Sebelumnya – seperti harapan pemerintah – Gaikindo mematok target ekspor kendaraan VBU tahun ini sebanyak 300.000 unit.

Baca juga: Ekspor Mobil CBU Melejit 31,52% di Terminal IPCC

Truk ringan Hino New Dutro saat diperkenalkan di GIIAS 2016 – dok.Istimewa

“Kalau melihat penapaian ekspor sampai Oktober yang sudah sebanyak itu, target ekspor kendaraan CBU tahun ini, 300.000 unit optimis bisa dicapai,” ujar dia, saat dihubungi, Kamis (5/12/2019). (Fer/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This