Obral Diskon, Penjualan Mobil Diyakini Lampaui Target

Obral Diskon, Penjualan Mobil Diyakini Lampaui Target
Toyota Avanza - dok.Motoris

Jakarta, Motoris – Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Agustus lalu telah merevisi target penjualan kendaraan bermotor roda empat atau lebih dari 1,1 juta unit menjadi 1 juta unit. Target ini diyakini tercapai atau bahkan terlampui jika melihat penjualan hingga Oktober telah mencapai 84,7% dari target yang ditetapkan.

Data penjualan yang dikompilasi oleh asosiasi industri itu menunjukan, di rentang Januari – Oktober total penjualan yang dibukukan seluruh merek memang mencapai 847.164 unit. Jumlah ini memang menyusut 10,36% dibanding periode yang sama tahun 2018 lalu.

“Tetapi, kalau kita lihat, jumlah ini sudah 84,7% dari target. Mudah-mudahan, di November dan Desember penjualan melaju. Sehingga, target tercapai atau malah lebih (melampuai) dari target,” tutur Ketua I Gaikindo, Jongkie Sugiarto, saat dihubungi, Jumat (6/12/2019).

Baca juga: Karena RI dan Thailand, Pasar Mobil ASEAN Susut Tahun Ini

Ilustrasi, Suzuki All New Ertiga – dok.Motoris

Faktanya, lanjut Jongkie, agen pemegang merek juga melakukan seragkaian upaya untuk mengejar target penjualan masing-masing. Beragam program promosi mulai dari pemberian diskon, tawaran uang muka rendah, angsuran murah, hingga tenor atau jangka waktu kredit yang panjang hingga tujuh tahun.

“Apalagi sejak Desember (2 Desember) ada sentimen positif berupa turunnya DP (down payment/uang muka) mobil sebesar 5-10%. Ini artinya turun 25% menjadi 15%. Kabarnya ada yang ngasih tenor (jangka waktu kredit) sampai tujuh tahun. Artinya, angsuran juga ringan. Stimulus ini penting karena 70% pembelian mobil dilakukan secara kedit,” ucap mantan Presiden Direktur PT Hyundai Mobil Indonesia itu.

Baca juga: Toyota Avanza dan Innova Masih Paling Moncer di Pasar Mobkas

Ilustrasi, New Astra Daihatsu Sigra  – dok.ADM

APM optimis
Senada dengan Jongkie, 4W Sales Director PT Suzuki Indomobil Sales (PT SIS), Makmur, yang dihubungi, Jumat (6/12/2019) juga mengaku optimis target penjualan nasional bisa terlampaui. Dia pun menyodorkan contoh naiknya penjualan Suzuki di bulan November.

“November penjualan kita tumbuh positif (naik) 16% dari bulan sebelumnya (Oktober). Angkanya di kisaran 10.070 – 10.080 unit. Tren ini akan terus positif hingga akhir tahun,” ucap Makmur saat dihubungi, Kamis (5/12/2019).

Dia mengatakan, di pengujung tahun ini Suzuki menawarkan serangkaian program menarik. Mulai dari potongan harga, uang muka tingan, hingga tenor kredit sampai tujuh tahun.

Optimisme yang sama juga diungkapkan Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy. Meski mengaku belum mendapatkan laporan soal angka penjualan November, tetapi dia optimis Toyota membukan kinerja penjualan yang positif di November.

Baca juga: GM Cabut dari RI, Diler Bakal Obral Diskon

Ilustrasi, Suzuki Baleno, salah satu mobil yang dipasarkan oleh PT Suzuki Indomobil Sales – dok.Motoris

“Trennya positif. Apalagi, sejak beberapa waktu lalu, kami juga menggelar program yang bernama Spektakuler. Ada beragam tawaran menarik, mulai uang muka rendah, angsuran ringan, hadiah langsung beripa iPhone, sampai hadiah undian sebuah Toyota Alphard,” ujar dia saat dihubungi, Rabu (4/12/2019).

Bahkan, seperti halnya Makmur maupun Jongkie tren positif penjualan akan terjadi hingga akhir tahun.

Diskon Honda
Sementara itu, diler-diler Honda pada periode Desember ini mengobral diskon Rp 20 juta atau lebih untuk harga Honda BR-V. Diskon diberikan untuk pembelian secara tunai, tunai bertahap, maupun kredit.

Honda BR-V versi facelift atau versi baru diluncurkan di IIMS 2019 – dok.Motoris

“Tapi kalau Bapak mau tunai keras, bisa lah kami berikan lebih dari itu. Diskon untuk semua tipe. Semua diler ada diskon,” tutur staf sales diler Honda di Pondok Aren, Tangerang Selatan, Ade, saat ditemui Jumat (6/12/2019).

Selain potongan harga, diler-diler Honda juga menawarkan voucher pembelian bahan bakar (BBM) senilai Rp 6 juta. Tawaran tersebut berlaku bagi pemilik mobil Honda yang ingin membeli lagi model baru. “Selain diberi voucher juga ada diskon Rp 5 juta untuk konsumen yang sudah punya mobil Honda. Syaratnya cukup menunjukan STNK mobilnya saja,” ucap Ade.(Fan/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This